Kunjungan Senat Universitas Tadulako Ke UNY

1
min read
A- A+
read

Foto bersama

Komisi Senat Bidang Guru Besar, Etik dan Sumberdaya Universitas Tadulako melakukan studi banding ke Senat Akademik Universitas (SAU) UNY pada Senin, (9/10). Rombongan Universitas Tadulako terdiri dari Ketua Senat Prof. Djayani Nurdin, Sekretaris Senat Muhammad Iqbal, MT., Sekretaris Komisi Senat Guru Besar, Etik dan Sumberdaya Prof. Rosmala Nur, serta anggota Komisi Senat Guru Besar, Etik dan Sumberdaya Prof. Jusman serta Prof. Juraid.

Djayani Nurdin dalam sambutannya mengatakan Universitas Tadulako merupakan gabungan dari dua perguruan tinggi, oleh karenanya di Tadulako ada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. “Kami memiliki 11 fakultas dan 1 pascasarjana” katanya. Pemilihan kunjungan ke UNY adalah karena perubahan dari PTN BLU ke PTNBH, dimana semua PTN BLU akan diarahkan kesana secepat-cepatnya tahun 2025. Dari sinilah tujuan rombongan Universitas Tadulako ingin sharing pengalaman mengenai beberapa hal tersebut.

Disambut oleh Ketua SAU UNY Prof. Zamzani, Sekretaris SAU Prof. Saliman dan ketua komisi Prof. Sulis Triyono serta Prof. Moh. Farozin, diungkapkan bahwa SAU UNY terdiri dari ketua, sekretaris dan anggota serta dibagi menjadi 5 komisi yaitu Pendidikan dan Pengajaran (Komisi A), Riset dan PKM (Komisi B), Kemahasiswaan dan Alumni (Komisi C), Kerjasama (Komisi D) serta Pengembangan dan Penjaminan Mutu (Komisi E). “Fungsi SAU adalah penetapan, pertimbangan dan pengawasan di bidang akademik” kata Zamzani. Saliman menambahkan, setelah berubah menjadi PTN BH dari PTN BLU maka kewenangan jadi lebih meluas.

Senat Akademik Universitas (SAU) UNY adalah lembaga tertinggi di bidang akademik yang bertugas memberikan pertimbangan, nasihat, dan saran kepada Rektor dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di UNY. SAU UNY berperan penting dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di UNY. SAU UNY memberikan pertimbangan, nasihat, dan saran kepada Rektor dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di UNY. Kegiatan studi banding diakhiri dengan pertukaran cenderamata dan ramah tamah.

Penulis: Dedy

Editor: Sudaryono

MBKM