Kunjungan Kerjasama Dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

1
min read
A- A+
read

Kunjungan

Delegasi Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Utara melakukan kunjungan ke Universitas Negeri Yogyakarta, Jumat (2/2). Rombongan dipimpin oleh Sekretaris Daerah Dr. H. Suriansyah, M. AP, dengan anggota Drs. Teguh Henri Sutanto., M. Pd. selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Taufik Hidayat, S. TP, M. Si. selaku Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah, dan H. Joko Suprapto, M. Pd. selaku Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Suriansyah dalam sambutannya memaparkan bahwa kunjungan ini dalam rangka kolaborasi implementasi kerjasama antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara dengan Universitas Negeri Yogyakarta khususnya dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia Guru melalui program rekognisi pembelajaran lampau. “Kalimantan Utara dibentuk berdasarkan UU No. 20 Tahun 2012 dengan jumlah penduduk yang hanya 700 ribu-an penduduk saja. Sebagai provinsi yang masih berusia 12 tahun kami secara progresif melakukan kerjasama di berbagai bidang, seperti peningkatan SDM” katanya. Suriansyah berharap para guru di wilayah perbatasan bisa diberikan kesempatan untuk berkuliah secara daring, agar bisa bertugas sekaligus menuntut ilmu secara langsung.

Wakil Rektor Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi dan Usaha Universitas Negeri Yogyakarta Prof. Margana menyambut baik kerjasama ini karena sesuai dengan nafas UNY melalui jalinan kolaborasi berbasis hexahelix. “Kolaborasi pemerintah Kalimantan Utara dengan UNY meliputi berbagai dimensi kerjasama, salah satunya mahasiswa RPL” ujar Margana. Ada beberapa skema yang dapat digagas dalam kunjungan kali ini karena hadir Direktur Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRPM), Direktur Direktorat Kerja sama, Sistem Informasi, dan Usaha yang mengawal terkait penelitian dan pengabdian masyarakat. Sehingga bisa dikawal terkait hal ini baik dari sistem dan memetakan berbagai kemungkinan penelitian yang dapat dilakukan dengan alokasi dana dari Pemerintah Kalimantan Utara terkait UMKM, SDM, Pemetaan Bencana Fisik maupun non fisik, seperti pengelolaan hasil pertanian dan peternakan.

Jumlah mahasiswa Kalimantan Utara yang berkuliah di Universitas Negeri Yogyakarta berjumlah lebih dari 150 mahasiswa dari berbagai jenjang, bahkan dari jenjang S3 terdapat 13 mahasiswa dengan status Kerjasama. Kegiatan diakhiri dengan diskusi implementasi kerjasama antara UNY dan Kalimantan Utara dipandu oleh Prof. Dr. Samsul Hadi, M.Pd., M.T. selaku direktur DRPM.

Penulis: Panji

Editor: Dedy

 

MBKM
IKU
IKU 6. Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia