Konvensi Nasional Pranata Humas

Pemaparan materi

Dalam rangka mewujudkan pembangunan Indonesia-sentris melalui pembangunan SDM yang terampil dalam transformasi digital, Direktorat Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) menyelenggarakan Konvensi Nasional Pranata Humas dan Kongres Iprahumas Tahun 2024 di Bandung, Rabu (17/7) yang diikuti lebih dari 100 orang pranata humas dari seluruh Indonesia. UNY berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dengan mengirimkan pranata humasnya.

Sekda Jawa Barat Herman Suratman mewakili Gubernur dalam sambutannya mengatakan bahwa kita harus belajar dari perusahaan private karena mereka one step ahead di depan kita yang dari bidang pemerintahan. “Tantangan public relation adalah bagaimana mengkomunikasikan pesan pada Masyarakat sehingga punya referensi sehingga meningkat literasinya” papar Herman. Menurutnya public relation harus bisa membangun persepsi karena bila hanya berangkat dari logika maka komunikasi hanya terjadi satu-dua kali sehingga akan terjadi patriotic call bila humas bekerja dengan hati.

Keynote speech disampaikan Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria. Sedangkan dalam Talk Show Konsolidasi Humas Pemerintah menuju Pembangunan Indonesia-sentris, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo Usman Kansong menyampaikan materi ‘Humas Pemerintah di Era Transformasi Digital’ dan praktisi komunikasi Valerina Daniel menyampaikan tentang ‘Hot and Cold Humas dan Media’. Takshow Sosialisasi Kode Etik dan Kode Perilaku Pranata Humas dibersamai oleh Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Informasi Kominfo Publik Hasyim Gautama dan Ketua DPP Iprahumas Thoriq Ramadhani.  

Dalam kesempatan ini digelar juga Kongres Iprahumas yang menetapkan AD/ART Iprahumas sekaligus Penetapan Ketua Umum DPP Iprahumas Periode Tahun 2025-2027. Terpilih sebagai Ketua Umum DPP Iprahumas periode 2025-2027 Fachrudin Ali Ahmad Pranata Humas Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI.

Ikatan Pranata Humas (Iprahumas) Indonesia didirikan pada tahun 2015, yang pembentukannya dilandasi oleh Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 6 Tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Pranata Hubungan Masyarakat dan Angka Kreditnya.

Iprahumas merupakan mitra kerja Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) sebagai instansi Pembina Jabatan Fungsional Pranata Humas di Indonesia. Pranata humas sebagai salah satu jabatan fungsional PNS yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan kegiatan pelayanan informasi dan kehumasan, baik informasi berskala nasional maupun daerah/lokal. Berdasarkan Permenpan RB No. 6 Tahun 2014, Pranata Humas adalah Pegawai Negeri Sipil yang diberi tugas, tanggung  jawab, wewenang dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan kegiatan pelayanan informasi dan kehumasan.

Penulis
Dedy
Editor
Sudaryono
Kategori Humas
IKU 7. Kelas yang Kolaboratif dan Partisipatif