Kolaborasi Unit Layanan KKN-PK dan Kantor Layanan Admisi dalam Pemetaan Lokasi di Kabupaten Pacitan

1
min read
A- A+
read

Sabtu (26/11) bertempat di Golden Star Multifunction Room Sea View Restaurant, Pantai Teleng Ria, Kabupaten Pacitan Jawa Timur, Tim UNY yang terdiri dari Unit Layanan KKN PK dan Kantor Layanan Admisi (KLA) bersama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan mengadakan kegiatan bertajuk Sosialisasi, Promosi, dan Pemetaan Lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN), Praktik Kependidikan (PK), dan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) kepada para Camat dan Kepala Sekolah se-Kabupaten Pacitan.

Kepala UL KKN-PK, Dr. Ngatman Soewito, M.Pd. dalam laporannya menyampaikan bahwa latar belakang diadakannya sosialisasi dan promosi (Sospro) ini ialah sebagai salah satu penerapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang diaplikasikan langsung pada masyarakat, dalam hal ini dititikberatkan pada tamu undangan yang dihadiri oleh 27 Kepala Sekolah SMA/SMK dan Camat se-kabupaten Pacitan.

Sambutan Pemerintah Daerah Kabupaten Pacitan yang dalam kegiatan ini diwakili oleh Kepala Bappeda, Dr. Drs. Heru Sukresno, M.M. menyampaikan rasa terima kasih kepada Universitas Negeri Yogyakarta, “Terimakasih kepada UNY yang sebelumnya sudah diawali dengan Perjanjian Kerja Sama UNY dan Pemda Pacitan di bulan September, dan hari ini langsung diterapkan dengan adanya rencana penempatan mahasiswa KKN-PK di Kabupaten Pacitan.” Heru berharap, bahwa semua pihak dapat ikut mendukung peran akademisi dari perguruan tinggi untuk memetakan dan memberi masukan atas permasalahan dan solusi yang bisa diterapkan oleh pemerintah daerah demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat kedepannya.

Universitas Negeri Yogyakarta yang diwakili oleh Wakil Rektor bidang Akademik Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A. menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah dan semua pihak yang ikut mendukung adanya implementasi kerja sama antara UNY dan Pemda Kabupaten Pacitan dalam bidang Pendidikan. “Pendidikan adalah Investasi Peradaban, maka dengan memajukan sumber daya manusia melalui pendidikan, harapannya kesejahteraan masyarakat akan lebih sejahtera nantinya” imbuhnya.

Acara pembukaan diakhiri dengan penandatanganan Implementation of Agreement (IA) secara simbolis antara UNY dengan Kepala Sekolah yang diwakili oleh Kepala Sekolah SMKN Kebonagung, Sugito, S.Pd., M.Pd.

Kegiatan dilanjutkan dengan Pemetaan Lokasi KKN oleh Abdul Malik Gusmida, S.Si., M.T. selaku Kepala Sub Bidang Ekonomi, Sumber Daya Alam, dan Infrastruktur Sektor III Bappeda Kabupaten Pacitan. Pemetaan lokasi Praktik Kependidikan mahasiswa UNY oleh Kepala UL KKN-PK UNY Dr. Ngatman Soewito, M.Pd. Pemetaan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata UNY oleh Kepala Divisi KKN Drs. Eko Widodo, M.Pd. Dan paparan terakhir terkait Sosialisasi dan Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru UNY oleh Kepala Kantor Layanan Admisi Dr. Setya Raharja, M.Pd.

Penulis: Prasetyo
Editor: Yuyun

MBKM
IKU
IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus
IKU 3. Dosen Berkegiatan di Luar Kampus