Kerjasama Karang Taruna DIY Dengan UNY

1
min read
A- A+
read

Penandatangan MoU

Karang Taruna DIY melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan UNY pada Rabu (5/4) di Ruang Sidang Utama Rektorat. Penandatanganan dilakukan oleh Ketua Karang Taruna DIY GKR Hayu dan Rektor UNY Prof. Sumaryanto.

Dalam sambutannya GKR Hayu mengatakan Karang Taruna DIY mengembangkan kegiatan ekonomi produktif, usaha kesejahteraan dan inovasi pemuda berbasis transformasi digital. “Kami ingin bagaimana agar Karang Taruna lebih terlihat kiprahnya, dan MoU ini diharapkan dapat membuat Karang Taruna lebih berkembang” kata Gusti Hayu. Bagaimana agar Karang Taruna dapat membawa transformasi di lingkungan masing-masing ke arah yang positif dengan tidak meninggalkan IT. Harapannya pemuda bisa memberi pengaplikasian IT untuk generasi yang lebih sepuh yang mungkin belum terbayang. Yogyakarta punya struktur yang dapat berkolaborasi dan Karang Taruna punya lintas aspek yang banyak, oleh karena itu meskipun Karang Taruna dibawah bimbingan Dinas Sosial namun jelas tidak bisa bergerak sendiri sehingga perlu membangun jejaring dengan berbagai pihak seperti perguruan tinggi, dunia usaha dan dunia industri. Misinya adalah untuk meningkatkan SDM Karang Taruna itu sendiri, termasuk agar para pemuda dapat stay di desanya masing-masing dengan membawa perubahan di kelurahan sesuai dengan visi Gubernur DIY yang mengusung reformasi kelurahan.

Rektor UNY Prof. Sumaryanto menyambut baik kerjasama ini dan menurutnya hal ini merupakan salah satu dhawuh Ngarso Dalem untuk melestarikan 4K yaitu Kampus, Kraton, Kampung dan Kantor. Salah satu implementasinya adalah Kampung Emas Seyegan di Margoagung pada tahun ini yang menurut rencana akan diresmikan Gubernur DIY pada akhir 2023. “Tahun depan kami manut mau diimplementasikan di desa mana dan kabupaten mana” kata Rektor. Implementasi Program UNY Kampung Emas atau Bangun Desa di Krapyak IX, Margoagung, Seyegan sebagai Pionir Pembangunan Desa dengan tahu berkah, olehraga berkah, seni berkah, unggas berkah, sayur buah tani berkah, kuliner berkah, mina berkah, mendho berkah dan pendidikan berkah.

Kegiatan diakhiri dengan talkshow bersama GKR Hayu dengan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Siswantoyo. Dari pihak Karang Taruna DIY hadir diantaranya Kepala Dinas Sosial DIY selaku Pembina Karang Taruna DIY Endang Patmintarsih, S.H., M.Si., Wakil Ketua Bidang Kebudayaan dan Keistimewaan DIY Burhani Arwin, Wakil Ketua Bidang Penanggulangan Kemiskinan, Bencana Alam, dan Pelayanan Sosial pada PMKS Galih Pranowo, M.Pd., serta Wakil Ketua Bidang Pengembangan Ekonomi, BUMKT, dan Lingkungan Hidup dr. Septi Wahyu Arifianto. UNY hadir para Wakil Rektor, para Dekan, para Direktur, staf ahli bidang akademik dan perwakilan mahasiswa.

Penulis: Dedy

Editor: Sudaryono

MBKM