Kerjasama Kabupaten Gunungkidul Dengan UNY

1
min read
A- A+
read

MOU dengan Pemkab Gunungkidul

Universitas Negeri Yogyakarta dan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menjalin kesepakatan dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi yang dilaksanakan pada Selasa (7/6) di Ruang Handayani Kantor Bupati Gunungkidul. Penandatanganan nota kesepakatan dilakukan oleh Sekretaris Daerah Gunungkidul Drajat Ruswandono, MT dan Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama UNY Prof. Siswantoyo.

Menurut Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama di Gunungkidul terdapat kampus vokasi yang menghasilkan generasi terampil dan unggul. “Dengan luas lahan 4 hektar UNY Kampus Gunungkidul berdampak meningkatkan pendapatan masyarakat di sekitarnya” kata Siswantoyo. Dukungan yang didapat dari Pemerintah Gunungkidul cukup banyak dan UNY memberikann kontribusi berupa tridharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, pengajaran dan pengabdian masyarakat. Bahkan UNY punya program pendidikan yang bisa disinergiskan dengan Kabupaten Gunungkidul yaitu menguliahkan aparat desa melalui program rekognisi pembelajaran lampau seperti yang dilakukan Bupati Bojonegoro. Harapannya kesepakatan yang ditandatangani hari ini bisa diimplementasikan dengan prinsip ngaruhke, ngewangi dan ngopeni menuju keunggulan masing-masing.

Sekretaris Daerah Gunungkidul mewakili Bupati mengapresiasi komitmen UNY dalam membuka akses pendidikan bagi masyarakat Gunungkidul. “Keterbukaan akses pendidikan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia” kata Drajat Ruswandono. Masyarakat makin menyadari pentingnya sarana prasarana pendidikan sebagai respon atas peningkatan kualitas sumber daya manusia terutama generasi muda supaya dapat menghadapi tantangan dunia kerja yang makin kompetitif. Kerjasama yang telah terjalin ini telah mulai dirasakan manfaatnya seperti peningkatan indek pembangunan manusia yang diharapkan dapat mewujudkan visi pembangunan Kabupaten Gunungkidul. Kepala Bagian Pemerintahan Sekda Gunungkidul Drs. Witanto mengatakan bahwa latar belakang kesepatakan ini karena Pemerintah Kabupaten Gunungkidul mempunyai kewajiban untuk mempercepat kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan pelayanan masyarakat di Gunungkidul. “Nota kesepakatan ini untuk membuat komitmen bersama dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi di Gunungkidul” kata Witanto.  

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan antara UNY dan Kabupaten Gunungkidul dan pertukaran cenderamata. Kegiatan diakhiri dengan diskusi intensif antara UNY dengan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul tentang proses belajar mengajar seperti sarana prasarana yang tersedia, studi lanjut karyawan Pemkab atau kemungkinan pembukaan jenjang S2 di Kampus UNY Gunungkidul. (Dedy)