Kemendesa Gandeng UNY dalam Rekrutmen Pendamping Lokal Desa (PLD) Tahun 2022

1
min read
A- A+
read

Tahun 2022 ini, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) Kembali membuka Tenaga Pendamping Profesional (TPP) untuk posisi Pendamping Lokal Desa (PLD). Tugas Pokok Pendamping Lokal Desa sesuai dengan peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 19 Tahun 2020 yaitu melakukan pendampingan dalam kegiatan pendataan desa, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pembangunan desa yang berskala lokal desa. Untuk persyaratan pendaftar antara lain, pendidikan minimal SLTA atau sederajat, memiliki pengalaman di bidang pembangunan desa dan atau pemberdayaan masyarakat minimal 2 (dua) tahun, diutamakan memiliki pengalaman sebagai Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD), mampu mengoperasikan komputer minimal program Excel (Word, Excel, dan Powerpoint) dan penggunaan internet, sanggup bekerja paruh waktu dan siap bertempat tinggal di lokasi tugas, diutamakan penduduk desa di kecamatan setempat, usia minimal 25 tahun dan maksimal 45 tahun saat mendaftar. PLD Kemendesa ini berstatus sebagai tenaga kontrak dan akan mendapatkan honorarium setiap bulan yang besarnya kurang lebih diatas diatas upah minimal kabupaten/ kota di masing- masing wilayah, yaitu antara 1.854.000- 3.009.000.

Kemendesa PDTT menjalin kerja sama dan menunjuk beberapa Perguruan Tinggi (PT) untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan tes PLD, salah satunya UNY,  yang  terpilih menjadi tuan rumah pelaksanaan tes PLD untuk Wilayah III meliputi Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur. 
Pelaksanaan tes PLD dimulai dari serah terima soal dan daftar nama peserta pada 8 Oktober antara  Tim Seleksi Pusat Kemendesa PDTT dengan pimpinan UNY yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja sama, Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes, di @Home Premiere Timoho By Horison Yogyakarta. “Kami berterimakasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Kemendesa PDTT tahun ini dan akan memberikan yang terbaik agar pelaksanaan tes di UNY yang dilakukan secara daring ini dapat berjalan dengan lancer dan akuntable “ ujar Siswantoyo.

Untuk Seleksi Tes Tulis diikuti 1816 peserta yang diselenggarakan di UPT Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) UNY pada tanggal 9 Oktober serta tes wawancara yang akan berlangsung dari 13- 19 Oktober 2022 yang diikuti oleh 1076 peserta yang telah lolos tes tulis. Dalam pelaksaan tes kali ini UNY mengerahkan 120 orang tenaga untuk mengawal dan mengawasi jalanya tes tulis serta tes wawancara agar berjalan lancar, adapun tes wawancara yang masih berlangsung hingga saat ini dilaksanakan sesuai jadwal setiap harinya yaitu antara pukul 09.00 hingga 16.00 WIB. 

UNY sendiri dalam penyelenggaraan tes tulis menggunakan platform system tes UNY yang berbasis Computer Based Test (CBT) daring domisili, dimana peserta akan mengggunakan aplikasi Safe Exam Browser (SEB). Sistem tes berbasis CBT daring domisili telah dikembangkan dan digunakan UNY untuk berbagai keperluan tes masuk seperti misalnya tes Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) sejak 2018. Sistem CBT daring domisili tidak hanya mengandalkan aplikasi ujian semata, tetapi juga prosedur ujian yang terstruktur dan standar bagi peserta, pengawas dan pengelola tes.  Sistem ini memiliki jangkauan peserta yang sangat luas selama peserta memiliki akses internet, dimana peserta dapat melaksanakan tes dari rumah atau tempat lain tanpa harus datang ke lokasi ujian.

Penulis: Khairani Faizah
Editor: Ardi

IKU