KEMBANGKAN POSTER ISU SAMPAH MEDIS DI LAUT, ATHI' RAIH EXCELLENCE AWARD DARI KOREA SELATAN

1
min read
A- A+
read

Athi' dan posternya

Athi' Nur Auliati Rahmah, mahasiswa program studi Pendidikan Fisika FMIPA UNY kembali menorehkan prestasi lewat karyanya. Poster yang Athi' buat lolos IOAF 2021 dan mendapat "Excellence Award" kategori IOAF International College Students Starfish Award pada pameran internasional "International Ocean Arts Festival" (IOAF) yang diselenggarakan oleh Asian Federation of Arts, Culture and Science (AsianACS) Korea Selatan. IOAF sendiri merupakan pameran tahunan yang telah diselenggarakan AsianACS sejak 2018.

"Ditengah-tengah menulis, mengisi acara, dan menjuri di luar kampus, alhamdulillah aku masih sempat berkarya poster" Ujar Athi', Mahasiswa Berprestasi (Mapres) Sarjana Utama UNY 2021 yang juga merupakan Medalis emas Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Disivi Poster Digital Kemdikbudristek RI. Selain itu, Athi' juga aktif berkarya poster untuk dipamerkan di luar negeri misalnya seperti di Spanyol, pada pameran internasional Madrid Grafica. Hingga saat ini, ia tercatat pernah mengikuti tujuh pameran internasinal. Baik sebagai award winning artist, selected artist, participant, dan invited artist. Baginya, poster bisa menjadi bentuk media edukasi dan penyadaran bagi masyarakat. Hal ini sesuai dengan bidang yang ia tekuni dalam kuliah, yaitu media pembelajaran.

Pameran internasional ini mengangkat tema: Life - Ocean - Future. Athi' yang merupakan Duta Sanitasi Jawa Timur tergerak akan isu overload sampah, salah satunya masker, sampah medis yang dibuang ke laut. Berdasarkan laman resmi penyelenggara (www.asianacs.com), karya Athi' yang bertajuk FishXMask on The Ocean  lolos kurasi diantara 293 karya terpilih dengan lebih dari 401 seniman, desainer dan dosen serta mahasiswa dari 33 negara dan wilayah yaitu Argentina, Austria, Azerbaijan, Belarus,  Bolivia, Canada, China, Chinese Taibei, CubaCzech Republic, Ecuador, France, Hungary, India, Indonesia, Iran, Italy, Malaysia, Mexico, Poland, Polska, Romania, Russia, Slovakia, South Korea, Spain, Sweden, Thailand, Tunisia, Turkey, Ukraine, USA, dan Vietnam. (Athi’)