Kegiatan Pengajian Rutin Bulanan DWP UNY

1
min read
A- A+
read

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada Jumat, 13 Oktober 2023 mengadakan pengajian rutin bulanan yang bertempat di Ruang Ki Hajar Dewantara Lantai 2 Fakultas Ilmu Sosial, Hukum, dan Ilmu Politik (FISHIPOL) UNY dengan mengusung tema ‘’ Peran Istri Untuk Membangun Keluarga Sakinah”’ dengan narasumber Ustadzah Dra. Nurmahni, M.Ag. 

Turut hadir dalam pengajian rutin ini Ketua DWP UNY, Sulastri Sumaryanto beserta jajaran pengurus DWP UNY, serta perwakilan dosen serta Tenaga Kependidikan (Tendik) dari berbagai Fakultas serta Lembaga yang ada di UNY. 

Dr. Enung Hasanah, M.Pd, sebagi Ketua Dharma Wanita FISHIPOL sekaligus sebagi tuan rumah kali ini,  ketika memberi sambutan mengatakan bahwa dengan adanya pengajian ini nantinya para ibu- ibu DWP UNY dan seluruh hadirin bisa mempraktikkan ilmu yang didapat sehinggga bisa membangun dan mencipkan keluarga sakinah dalam keluarganya sesuai dengan kapasitas masing -masing. Ia juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada ketua DWP UNY atas segala arahan dan motivasi sehingga FISHIPOL bisa menyelenggarakan pengajian ini. 

Ketua DWP UNY, Sulastri Sumaryanto dalam pidato sambutannya menjelaskan bahwa pengajian ini diadakan sebagi wadah silaturahmi bagi para pengurus DWP UNY dan seluruh sivitas akademika UNY terutama para ibu- ibu. Selain itu diharapkan nantinya bisa menambah keilmuan terutama dalam hal menciptakan keluarga yang sakinah. 

Ustadzah Nurmahni selaku pemateri mengatakan bahwa Istri mempunyai peran yang sangat penting dalam membangun sebuah keluarga menuju keluarga yang sakinah. Ia menambahkan seorang istri atau seorang ibu baik itu bekerja ataupun sebagi ibu rumah tangga bisa berperan sesuai kapasitasnya masing masing. 

“Sesukses dan sesibuk apapun seorang perempuan, jangan sampai lupa ketika kembali ke rumah bahwa Ia adalah seorang istri dan seorang ibu”, papar Ustadzah Nurmahni. 

 Ustadzah Nurmahni juga menambahkan bahwa istri mempunyai peran yang sangat besar untuk menciptakan kenyamanan dalam rumah, sehingga membuat suami serta anak- anaknya betah berada di rumah. 

Selain itu pada akhir paparannya, Nurmahni mengatakan sebagai sesama muslim, Ia wajib mengingatkan bahwa suami  dan istri ibarat pakaian. 

“Menurut Al- Qur’an dan Hadis Nabi, dalam Islam, hubungan suami istri yang baik adalah bagaikan pakaian, artinya bahwa suami dan istri adalah perhiasan dan sekaligus sebagai penutup aib bagi keduanya,” pungkas Nurmahni. 

Penulis: Khairani Faizah
Editor: Cerika Rismayanti

IKU