Kabupaten Belitung Jalin Kerjasama Dengan UNY

1
min read
A- A+
read

Penandatanganan nota kesepahaman

Pemerintah Kabupaten Belitung melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dengan Universitas Negeri Yogyakarta pada Rabu (25/1) di Sleman oleh Bupati Belitung Sahani Saleh, S.Sos dan Rektor UNY Prof. Sumaryanto. Dalam sambutannya Rektor UNY mengatakan bahwa kunjungan kerjasama ini telah dinantikan untuk memajukan Belitung. “Dengan ini kami mendapatkan keberkahan bisa bekerjasama dengan Kabupaten Belitung” kata Rektor.  Telah ada sembilan hal yang akan ditindaklanjuti dalam program kerjasama ini dan Rektor berharap adanya dukungan dari pimpinan Fakultas dan Lembaga. Menurut Rektor alumni UNY yang paling top dari Bangka Belitung karena apabila pimpinan UNY berkunjung maka semua alumni akan berkumpul. Diungkapkan juga apabila ada yang akan studi lanjut S2 dan S3 akan dibuat kelas khusus.

Menurut Bupati Belitung Sahani Saleh kerjasama dengan UNY ini dilakukan karena Belitung membutuhkan tentang bidang akademik khususnya di sektor pendidikan sesuai amanat Undang-Undang Dasar 1945 yang memprioritaskan bidang kesehatan dan pendidikan. “Tolok ukur kami dalam bidang pendidikan pada indeks prestasi masyarakat nilainya baru 72,8” kata Bupati. Diinformasikan juga bahwa jumlah mahasiswa dari Belitung yang kuliah di Yogyakarta tidak kurang dari 300 orang yang tidak tercatat dalam indeks prestasi masyarakat. Sahani Saleh juga mengungkapkan bahwa di Belitung kekurangan 421 orang tenaga guru utamanya SD hingga SMP, karena guru SMA menjadi wewenang provinsi Bangka Belitung. Beberapa mahasiswa yang ada di luar daerah bekerjasama dengan perguruan tinggi mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Kabupaten Belitung. Pria kelahiran Belitung 7 November 1958 itu memaparkan pada saat ini juga membutuhkan tenaga Kesehatan yang dipenuhi dengan mengangkat PPPK yang statusnya sama dengan pegawai negeri namun tidak mendapatkan pensiun. Menurutnya pada saat ini bantuan bagi mahasiswa diprioritaskan bagi bidang pendidikan dan kesehatan. Sahani Saleh berharap agar mahasiswa Belitung dapat diterima di UNY melalui rekomendasi Bupati yang akan dibiayai oleh Pemerintah Belitung.

Dalam kunjungan ini Bupati Belitung didampingi Sekretaris Daerah, Asisten Pemerintah dan Kesra, para Kepala Dinas, Kepala Sub Bagian dan sejumlah tim. Ruang lingkup kerjasama yang potensial dijajaki kedepan adalah pendampingan pendirian SKO (Sekolah Kelas Olahraga), pembinaan olahraga prestasi (panahan, silat, atletik, bola voli pantai), pelaksanaan PPG Dalam Jabatan, peningkatan kompetensi guru SMA dan SMK berbasis kewirausahaan, peningkatan kompetensi kepala sekolah, peningkatan SDM melalui studi lanjut, penempatan PLP dan KKN terintegrasi serta pengembangan inovasi pembelajaran berbasis digital. (Dedy)

IKU 6. Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia