JADILAH GURU PROFESIONAL YANG MEMILIKI PENAMPILAN MEMESONA

1
min read
A- A+
read
 JADILAH GURU PROFESIONAL YANG MEMILIKI PENAMPILAN MEMESONA

Saat sekarang, kalian telah lolos untuk mengikuti tatap muka dalam Program Pendidikan Guru (PPG). Kegiatan ini akan diisi antara lain:workshop, pengenalan, stadium general, dan praktik. Pada akhir kegiatan kalian akan mengikuti ujian pengetahuan komputer dan ujian kinerja dengan penilaian seluruh kinerja. Saya berharap dari program PPG ini, jauhkan ikuti PPG demi tunjangan profesi. Jadi tunjangan profesi adalah sebagai kehormatan pelaksanaan tugas. Jangan dibalik, sebab kalau dibalik tujuan pemerintah gagal. Sebab guru adalah pekerjaan profesioal dan sebagai tunjangan profesi ada konsekwensinya.

Demikian Rektor UNY, Sutrisna Wibawa meyampaikan saat Orientasi Akademik Program PPG dalam Jabatan Tahap 3 Tahun 2019,(31/7) bertempat di Auditorium UNY. Lanjutnya, Kita tahu di daerah masih banyak kekurangan guru, sehingga banyak tentara yang juga ikut mengajar di kelas-kelas di daerah. Pegang teguh 3 hal untuk menjadi seorang guru professional. Pertama, memiliki keahlian, kedua bertanggung jawab terhadap profesinya, dan ketiga adalah kesejawatan, yaitu saling shring antara guru dalam satu profesi untuk mengembangkan kehaliannya.

Peserta Program PPG ini mendapat penugasan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang sudah lulus seleksi akademik, sedangkan UNY mendapat tugas dari Kementerian Ristekdikti untuk menyelenggarakan pembelajarannya. Selama pelaksanaan program, peserta mendapatkan bebas SPP yang alokasi anggarannya diperoleh dari APBN dan sebagian dari APBD masing-masing daerah.

Pada kesempatan tersebut, koordinator PPG, Suyud menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 893 peserta yang terdiri dari 16 prodi PPG diantaranya Guru Kelas SD, Guru Kelas TK, Pendidikan Luar Biasa, Seni Tari, PAUD, IPA, IPS, Tata Busana, Teknik Elektronika, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Teknologi Konstruksi dan Properti, Akuntansi dan Kuangan, dan Manajemen Perkantoran, PLB.

Peserta program PPG tatap muka berasal diantaranya dari propinsi DIY, Jabar, Sumut, Babel,Kalsel,DKI Jakarta, Jatim, Nusa Tenggara Barat, Kepri, Bengkulu, banten, aceh, kaltim, sekolah ind luar negeri, bali, lampung, kalteng, jambi, kalbar, Maluku, Sumsel.

Ikut hadir sebagai pemateri Wakil Rektor Bidang Akademik menyampaikan tentang Kebijakan dan Orientasi Umum PPG dalam Jabatan, serta Kepala LPMPP UNY menyampaikan materi Kebijakan dan Pengembangan Guru Profesional, serta Koordinator PPG menyampaikan materi struktur kurikulum dan sistem pembelajaran PPG dalam jabatan (Lokakarya, PPL, dan UKMPPG). (rewi)