HUMAS POLDA DIY BERKUNJUNG KE FIP

1
min read
A- A+
read

HUMAS POLDA DIY BERKUNJUNG KE FIP

Pimpinan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta menyambut baik kedatangan tamu dari Humas Polda DIY, Rabu, 16 juni 2021, di Ruang Sidang 1 FIP UNY. Rombongan Humas Polda DIY dipimpin langsung oleh Kabid Humas, Bapak Kombes Pol Yulianto, dan didampingi oleh Kasubid Penmas, AKBP Verena, serta Paur Mitra, Iptu Suparmi. 

Dekan FIP UNY, Dr. Sujarwo M.Pd dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada rombongan, atas kunjungan ini. Sujarwo melanjutkan menyampaikan profil fakultas, program studi, serta lokasi kampus FIP UNY. “UNY menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi,  Pendidikan dan pembelajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat,” kata Jarwo. Sujarwo berharap antara FIP UNY dengan Polda DIY bisa saling bersinergi. 

Kombes Pol Yulianto dalam sambutannya menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan tersebut. “Keterbukaan informasi publik adalah hak semua orang, tidak terkecuali untuk orang yang memiliki keterbatasan fisik,” kata Yulianto. Yulianto menambahkan,  pada saat melakukan jumpa pers, ada keterbatasan info yang diterima oleh orang yang memiliki keterbatasan fisik karena disampaikan dengan bahasa lisan. “Kami lihat, di DIY ada kampus UNY yang memiliki pembelajaran bahasa isyarat, oleh karena itu kami mencoba menjalin kerjasama dengan UNY, khususnya terkait dengan kebutuhan juru bicara isyarat dalam kegiatan konfrensi pers tersebut,” harapnya. 

Ketua Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP UNY, Dr. Hermanto, M.Pd., dalam kesempatan yang sama menyambut baik rencana kerjasama ini, dan menyatakan siap bersinergi antara PLB dengan Polda DIY, khususya terkait penyediaan Juru Bahasa Isyarat saat konferensi press POLDA. Hermanto menambahkan, ada beberapa kasus yang menjadi kajian Jurusan PLB ini, diantaranya kasus hambatan intelektual, hambatan emosional perilaku. Hermanto memimpin jalannya diskusi ini. Verena menyampaikan selain menjalin kerjasama terkait dengan Juru Bahasa Isyarat , ada kemungkinan membuka peluang narasumber untuk melatih personil POLDA. Yulianto menambahkan karena kegiatan konferensi press ini bersifat dadakan, dia memohon agar UNY siap menyediakan tenaga sebagai juru bahasa isyaat pada saat konferensi press tersebut.

Sujarwo diakhir diskusi menegaskan bahwa FIP siap bekerasama dengan POLDADIY, untuk urusan teknis langsung berhubungan dengan Jurusan PLB. Sujarwo meminta Jurusan PLB untuk stand by, ketika POLDA membutuhkan juru bahasa isyarat. “Terkait dengan urusan Naskah Perjanjian Kerjasama, mohon U2IK bisa membantu menyusun, mengoreksi,” tutupnya. (rit)