Gamification Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran Pendidikan Jasmani

1
min read
A- A+
read

Jose mengajar di FIK

Fakultas Ilmu Keolahragaan mendapatkan kesempatan untuk bisa mendatangkan Guest Lecture dari University of Murcia, Spanyol, pada bulan Agustus 2022 ini. Dr. José Vicente García Jiménez, seorang Dosen Pendidikan Jasmani dari Fakultas Pendidikan di University of Murcia. Kedatangannya yang ke-3 kalinya ini ke Indonesia, selain melepas rindu dengan negara ini, juga sekaligus bekerja sesuai dengan passion-nya, mengajarkan Pendidikan Jasmani secara menyenangkan kepada Mahasiswa FIK UNY.

Pada salah satu acara Guest Lecturing-nya, José, begitu ia biasa dipanggil mengajarkan tentang Gamification. Gamification adalah pendekatan dalam pembelajaran menggunakan elemen di dalam game atau video game yang bertujuan memotivasi siswa dalam proses pembelajaran dengan memaksimalkan kesenangan, keseruan didalamnya. Dalam hal ini, gamification digunakan dalam pembelajaran atau pengajaran Pedidikan Jasmani. Dalam kegiatan guest Lecturing-nya tersebut, José benar-benar membawa mahasiswa untuk betul-betul menghayati apa itu arti dari gamification. Mahasiswa diberikan tugas secara langsung, berinteraksi dan menikmati permainan yang dihadirkan José. Tidak hanya José yang merasa semangat, mahasiswa merasa mendapatkan nilai lebih dari sebuah  kuliah. Tidak hanya tentang gamification, selama berada di Indonesia, José juga memberikan kuliah Strategi Praktis dan Teknik Pengajaran Dalam Pendidikan Jasmani, Gaya-Gaya Mengajar, dan Berinovasi dalam Pendidikan Jasmani: Model Pedagogik Pendidikan Jasmani. Selain itu, José juga berkolaborasi dengan beberapa dosen PJKR dalam berbagai penelitian.

Selesai dengan acara di FIK UNY, José yang kebetulan datang ke Indonesia bersama keluarganya, juga berkesempatan mengunjungi tempat wisata di Jogja dan sekitarnya juga menikmati kuliner khasnya. (PD)