FT UNY JALIN KERJASAMA DENGAN DENGAN FAKULTAS TARBIYAH IAIN BUKITTINGGI

1
min read
A- A+
read

FT Kerjasama dengan IAIN Bukittinggi

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta menjalin kerjasama dengan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi. Hal ini ditandai dengan perjanjian kerjasama antara Dekan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Herman Dwi Surjono Ph.D, dengan Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi, Dr. Zulfani Sesmiarni, M. Pd., belum lama ini dimana seremoni penandatanganan dilaksanakan secara virtual melalui media Zoom Meeting.

Kerjasama ini bertujuan untuk menggalang kebersamaan dalam upaya peningkatan kualitas kegiatan penelitian, pendidikan, pengajaran, pengabdian kepada masyarakat dan peningkatan kualitas kegiatan kemahasiswaan secara maksimal demi mendukung pencapaian visi dan misi masing-masing lembaga.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi, Dr. Zulfani Sesmiarni, M.Pd., mengatakan bahwa kerjasama menjadi sebuah keharusan terutama dalam menyongosong Kampus Merdeka Merdeka Belajar. “Melalui kerjasama ini, kami berharap dapat belajar dari UNY dan tentu kami juga akan berupaya unutk memberikan kontribusi positif untuk kemajuan FT UNY,” ujar Dr. Zulfani Sesmiarni, M.Pd.

Senada dengan hal tersebut, Dekan FT UNY, Prof. Herman Dwi Surjono menyampaikan agar kerjasama ini dapat saling menguntungkan kedua belah terutama menghadapi tantangan kedepan. “Saya sependapat bahwa sekarang kerjasama merupakan kewajiban bagi tiap kampus dan kecanggihan teknologi semakin mendukung realisasi kerjasama antar kampus,” ujar Herman.

Kerjasama ini meliputi Peningkatan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Penelitian, Publikasi, Konferensi bersama, Pertukaran dosen dan atau mahasiswa Kegiatan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar serta kegiatan kemahasiswaan lainnya.

Ketua Unit Urusan Internasional dan Kerjasama FT UNY, Ibnu Siswanto, Ph.D., menjelaskan bahwa agenda terdekat yang akan segera dilaksanakan adalah Semiloka Kurikulum dimana pihak FT UNY diminta untuk menjadi narasumber dalam Semiloka pengembangan kurikulum di IAIN Bukitinggi. (hryo)