Fasilitasi Siswa SKO Seluruh Indonesia untuk Studi Lanjut di UNY

1
min read
A- A+
read

Bertempat di Ballroom Hotel UNY, Rabu (8/2) Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNY menginisiasi diselenggarakannya Focus Group Discussion (FGD) dan Penandatanganan Kerjasama Studi Lanjut Siswa Sekolah Keberbakatan Olahraga.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes. menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kolaborasi Kerjasama antara UNY dengan berbagai sekolah penyelenggara keberbakatan olahraga di Indonesia.

“Implementasi kerjasama ini akan ditindaklanjuti untuk saling mendukung, symbiosis mutualisme, untuk saling menguntungkan dalam rangka menfasilitasi anak-anak yang memiliki keberbakatan khususnya olahraga untuk dapat melanjutkan studi lanjut di lingkungan UNY,” ungkap Prof. Siswantoyo dalam laporan sekaligus sambutan panitia.

Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. dalam sambutan menyampaikan bahwa juara itu by desain, dapat diciptakan yang dimulai sejak dini. Sehingga untuk menjadi atlet yang juara, UNY siap menampung siswa dari Sekolah Keberbakatan Olahraga baik melalui jalur SNBP, SNBT-UTBK, maupun SM.

Disamping itu, Rektor juga mengatakan bahwa mahasiswa yang berkualitas itu IPK tinggi, lulus cepat, dan derajat hidupnya meningkat. “Mahasiswa yang unggul dan bermutu itu adalah IPK tinggi, lulusnya cepat, dan setelah lulus dapat meningkatkan kesejahteraan, misalnya memperoleh pekerjaan yang layak dan berpenghasilan tinggi. Tidak mungkin mahasiswa bermutu kok lulusnya lama” kata Prof. Sumaryanto.

Berkaitan dengan kesiapan UNY dalam mendukung terlaksananya Sekolah Keberbakatan Olahraga, Rektor UNY mengatakan UNY siap mendukung dan menawarkan diselenggarakan di Kampus Vokasi Wates.

Acara yang dikemas santai dan familiar ini, setelah sambutan dan dibuka oleh Rektor dilanjutkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara UNY dengan semua sekolah yang diundang tentang kerja sama dalam bidang Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Pengembangan Sumber Daya Sumber Daya. Disamping itu juga penandatanganan Kerjasama antara Pihak UNY dengan sekolah terundang tentang Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Studi Jalur Prestasi di UNY.

Setelah penandatangan Kerjasama, dilanjutkan dengan FGD yang dipandu Prof. Siswantoyo Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan. Sebagai narasumber dari Direktorat PMPK Kemendikbud Ristek, yang diwakili oleh David Eka Wardoyo. Beliau  menyampaikan tentang Regulasi dan Tata Kelola Satuan Pendidikan Direktorat PMPK Kemendikbud Ristek.

Agar mendapatkan hasil yang optimal, pada FGD kali ini mengundang perwakilan sekolah olahraga, antara lain dari SKO Internasional Kaltim, SMANOR Jatim, SMANOR Riau, SMP-SMAO N Sriwijaya Ogan, SO Ragunan, SMAKOR Papua, SMANKO Sulsel, SMANO Tadulako, SMANO Lampung, SMAKO Bahteramas, SMAKO Sumatera Barat, SMANKO Bengkulu, SMAKO Flobamorata NTT, SMANKO Sulut, SMAKO Maluku Utara, SMAKO Babel, SMAKOR Aceh, SMAKO Jateng, SMAN 1 Krembung Sidoarjo, SMP-SMAO Pembangunan Jaya Raya Tangsel, SMAN 4 Yogyakarta, SMAN 2 Playen, SMAN 1 Tanjungsari, SMAN 2 Ngaglik, SMAN 1 Seyegan, SMAN 1 Sewon, SMAN 1 Lendah KP, dan SMAN 1 Pengasih KP. Sedangkan unsur dari UNY meliputi jajaran anggota Rapim, para Wakil Dekan, para Kepala Departemen di FIKK.

Pada akhir sesi FGD, mewakili Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY Priya Santosa, M.M. menyampaikan bahwa di akan mendirikan mendirikan SKO di DIY, tidak hanya rintisan Sekolah Khusus Olahraga tetapi Sekolah Keberbakatan Olahraga. “Sekolah Keberbakatan Olahraga di DIY akan tetap berdiri walaupun sementara kita akan menginduk di kampus UNY Wates, yang itu merupakan program kami, dan merupakan target yang harus direalisasikan,” kata Priya Santosa.

Penulis: Sudaryono
Editor  : Prasetyo Noviriyanto

 

MBKM
IKU 6. Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia