Fakultas Kedokteran UNY Membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru

1
min read
A- A+
read

Fakultas Kedokteran UNY

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai salah satu institusi di bawah naungan Kemendikbudristek turut bertanggung jawab merealisasikan pemenuhan kebutuhan dokter. Tanggung jawab tersebut direalisasikan melalui surat keputusan Rektor nomor 1.9/UN.34/V/2023 tanggal 9 Mei 2023 tentang pendirian Fakultas Kedokteran (FK). Fakultas kedokteran menjadi sangat penting untuk mendukung kegiatan akademik dan perwujudan peran serta UNY dalam pengembangan ilmu kedokteran dan pembangunan nasional pada umumnya. Usulan pendirian fakultas kedokteran juga telah melalui prosedur proses validasi Direktorat Penjaminan Mutu serta telah mendapat pertimbangan Senat Akademik Universitas dan Majelis Wali Amanat.  Legalitas keberadaan Fakultas Kedokteran UNY ini dipertegas dengan Surat Keputusan Pengurus Perkumpulan LAM-PTKes No. 0019/LAM-PTkes/Akr/PSB.PTN-BH/Pro/V/2024 dan No. 0020/LAM-PTKes/Akr/PSB.PTN-BH/Pro/V/2024.

Pelaksana Tugas Dekan Fakultas Kedokteran UNY dr. Kartika Ratna Pertiwi, Ph.D menjelaskan bahwa cikal bakal prodi kedokteran UNY berawal dari pendirian Health Sport Center di Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan serta keberadaan prodi-prodi kesehatan dan ilmu hayati di UNY. Setelah melakukan serangkaian kegiatan dari identifikasi kebutuhan, studi tiru, studi kelayakan, audiensi dan focus group discussion dengan beberapa stakeholder terkait seperti Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, “Fakultas Kedokteran UNY didirikan setelah mendapat persetujuan dari Majelis Wali Amanat, Senat Akademik Universitas dan Kementerian Kesehatan dengan kick off tim penyiapan prodi Kedokteran UNY yang dimulai pada tanggal 6 September 2023” katanya.

Visi dan keunggulan Prodi Kedokteran UNY diarahkan pada kedokteran olahraga untuk promosi dan prevensi kesehatan masyarakat. Profil lulusan Prodi Kedokteran UNY mengacu pada five star doctors sesuai dengan Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI). Saat ini Fakultas Kedokteran UNY diperkuat dengan 29 dosen tetap yang terdiri atas 10 dosen biomedik, 5 dosen IKM-Bioetik-Pendidikan Kedokteran dan 14 dosen profesi. FK UNY juga didukung oleh 8 tenaga kependidikan dan 8 laboran. Fakultas Kedokteran juga memiliki sarana prasarana serta fasilitas pendukung kegiatan pembelajaran mahasiswa yang memadai. Ruang kelas dan ruang tutorial telah dilengkapi dengan smart interactive panel. Laboratorium lengkap sesuai dengan standar kegiatan pembelajaran dan dapat digunakan untuk penelitian yakni Lab. Anatomi (basah dan kering), Lab. Biokimia dan Farmakologi, Lab. Mikrobiologi dan Parasitologi, Lab. Histologi dan Patologi Anatomi, Lab. Biologi seluler molekuler, Lab. Keterampilan Medik, Lab. IKM dan Bioetika serta Lab. Computer (CBT).  

Proses belajar mengajar akan dimulai pada tahun ajaran 2024/2025. Untuk optimalisasi proses pembelajaran FK telah menjalin kerjasama dengan RSUD Panembahan Senopati Bantul sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama, RSUD Prambanan Sleman sebagai Rumah Sakit Satelit serta RSJ Dr Soeroyo Magelang dan RS Bhayangkara Polda DIY sebagai Rumah Sakit Pendidikan Afiliasi. Disamping itu, dalam rangka optimalisasi aktivitas pembelajaran FK juga bersinergi dengan Puskesmas di Kabupaten Bantul dan Sleman serta Wahana Pendidikan Penunjang Kedokteran Olahraga seperti KONI, NPC dan ALZI.

Seleksi penerimaan masuk prodi Kedokteran UNY telah dibuka melalui seleksi mandiri (SM) jalur Computer Based Test (CBT), baik di kampus maupun domisili. Jadwal CBT Kampus, pendaftaran 27 Mei hingga 1 Juli 2024 dengan waktu tes tanggal 8-11 Juli 2024. Sedangkan pendaftaran CBT Domisili 12 Juni hingga 15 Juli 2024 dengan waktu tes tanggal 22-25 Juli 2024. Pengumuman hasil CBT Kampus 16 Juli 2024 dan CBT Domisili 30 Juli 2024. Info lebih lanjut dapat dilihat di https://pmb.uny.ac.id/home dan diikuti melalui media sosial FK UNY.

Penulis
Prof. Anwar Efendi
Editor
Prof. Soni Nopembri
Kategori Humas
IKU 8. Program Studi Berstandar Internasional