FAKULTAS BAHASA DAN SENI TAMBAH DUA GURU BESAR

1
min read
A- A+
read

FBS TAMBAH DUA GURU BESAR

Universitas Negeri Yogyakarta akan mengukuhkan dua guru besar pada Sabtu (7/11) di Auditorium UNY. Kedua guru besar yang dikukuhkan adalah Guru Besar Bidang Ilmu Linguistik Terapan Prof. Dr. Sulis Triyono, M.Pd. dan Guru Besar Bidang Ilmu Sastra Modern Prof. Dr. Wiyatmi, M.Hum. Semua guru besar tersebut berasal dari Fakultas Bahasa dan Seni. Dengan dikukuhkannya kedua guru besar ini UNY memiliki 164 orang profesor.

Sulis Triyono adalah dosen program studi Pendidikan Bahasa Jerman di Fakultas Bahasa dan Seni. Sulis Triyono menyelesaikan program sarjananya pada bidang ilmu Pengajaran Bahasa Jerman IKIP Yogyakarta tahun 1985, mendapat gelar magister pada bidang ilmu Pengajaran Bahasa Jerman IKIP Jakarta tahun 1997 dan mendapat gelar doktor bidang ilmu Linguistik UGM tahun 2015. Sulis Triyono juga banyak menghasilkan karya ilmiah tingkat nasional maupun internasional.

Sedangkan Wiyatmi merupakan dosen sastra pada Fakultas Bahasa dan Seni. Wiyatmi menyelesaikan program sarjananya pada Sastra Indonesia UGM tahun 1988, mendapatkan gelar magister Sastra Indonesia UGM tahun 1996 serta memperoleh gelar doktor bidang Ilmu Sastra UGM tahun 2012. Wiyatmi juga banyak menghasilkan beberapa karya ilmiah baik tingkat nasional maupun internasional.

Kedua guru besar tersebut akan membacakan pidato ilmiah sesuai bidang ilmu masing-masing. Sulis Triyono akan menyampaikan pidato ilmiah berjudul ‘Membangun Literasi melalui Bahasa Jerman’, sedangkan Wiyatmi akan menguraikan pidato ilmiah berjudul ‘Peran Sastra dalam Upaya Penyadaran Keadilan Gender dan Keadilan Ekologis: dari Feminisme ke Ekofeminisme’. (Dedy)