Ekskursi Wisata Budaya dan Menyelami Produksi Cokelat Bersama 19 Mahasiswa Nanyang Polytechnic

Foto bersama

Dalam rangka Overseas Education and Learning Programme (OELP) 2024, sebanyak 19 Mahasiswa dari Nanyang Polytechnic (NYP) mengunjungi beberapa destinasi wisata Indonesia. Kunjungan ini memiliki tujuan untuk memahami serta mempelajari bagaimana budaya dan kepercayaan di Indonesia. Salah satu destinasi yang dikunjungi yaitu candi Prambanan. Selain itu, mereka juga mengunjungi salah satu desa wisata, yaitu Nglanggeran Gunungkidul. Pada kunjungan di Nglanggeran mereka berkesempatan untuk mengamati dan mempelajari lebih dalam tentang salah satu usaha produksi lokal, yaitu Griya Cokelat.

Bersama dengan beberapa masyarakat lokal, mahasiswa berkesempatan untuk mengunjungi kebun pohon kakao. Di kebun tersebut mahasiswa dapat mengeksplorasi pengalaman cara memetik buah kakao. Setelah itu, mereka mengunjungi Griya Cokelat untuk menyaksikan langsung bagaimana buah kakao yang sudah dipetik selanjutnya diolah menjadi berbagai produk cokelat, beberapa di antaranya yaitu susu cokelat, brownis cokelat, dodol cokelat, dll. Bahkan dalam proses pembuatan, mahasiswa juga mencoba mengaduk dodol yang sedang dimasak.

Kemudian, kunjungan terakhir yaitu candi Prambanan. Mahasiswa menikmati gagahnya candi Prambanan sekaligus mempelajari kebudayaan serta cerita dibaliknya. Pengalaman tersebut merupakan hal yang penting bagi mereka untuk mempelajari bagaimana kepercayaan Hindu berkembang di masyarakat sekitar. Agenda terakhir kemudian diakhiri dengan makan malam di restoran Bebek Pondok Galih.

Atiqah, salah satu mahasiswa NYP meyampaikan bahwa kunjungan favoritnya yaitu Candi Prambanan. "Saya sangat menikmati perjalanan yang sudah disiapkan oleh UNY, tempat favorit saya yaitu Candi Prambanan. Karena arsitektur dan pemandangannya yang indah" kata Atiqah.

Penulis
Kaila Afifa
Editor
Dedy
Kategori Humas
IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus
IKU 5. Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat
IKU 6. Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia