DWP UNY Melakukan Kunjungan Industri Ke Kabupaten Jepara

1
min read
A- A+
read

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Negeri Yogyakarta pada hari Sabtu, 11 Februari menyelenggarakan kegiatan “Studi Pengembangan Wirausaha Berbasis Budaya Lokal Jepara Bagi pengurus Dharma Wanita Persatuan Universitas Negeri Yogyakarta”.  Kegiatan ini diikuti oleh seluruh anggota DWP UNY dipimpin langsung oleh Ketua DWP UNY, Sulastri Sumaryanto. Kegiatan DWP UNY yang pada kali ini menggandeng bagian Akademik dan Kemahasiswaan UNY berangkat dari Yogyakarta pukul 05.00 WIB dengan jumlah rombongan sekitar 40 orang. 

Tujuan dalam kegiatan kali ini salah satunya adalah untuk mengunjungi tempat- tempat dimana kita  bisa melihat sekaligus mempelajari kebudayaan lokal Indonesia dan nantinya bisa turut mengembangkan budaya tersebut atau memperkenalkan pada masyarakat luas. 

Untuk tempat yang dikunjungi kali ini adalah Industri Tenun Dewi Sinta yang terdapat di Desa Troso Pecangaan Kabupaten Jepara. Para Anggota DWP UNY disini melihat langsung bagaimana langkah- langkah untuk membuat kain tenun mulai dari memintal kapas menjadi benang, proses pewarnaan, membentuk pola hingga mulai menenun. 

Tenun Ikat Tradisional Dewi Sinta memiliki beberapa macam motif antara lain motif tumbuhan, binatang, geometris, manusia, dan berbagai motif menarik lainnya. Selain memproduksi kain tenun, Dewi Sinta juga memproduksi pakaian batik dan bahan kain. 

Setelah mengunjungi Industri Tenun Dewi Sinta, Para Anggota DWP mengunjungi Restoran Dapur Semar yang juga berada diwilayah Pecangaan Jepara untuk makan siang serta beristirahat sejenak lalu melanjutkan perjalanan mengunjungi sentra kerajinan akuarium akar yang terdapat di sepanjang tepi Jalan Ngabul Jepara, setelah itu rombongan DWP UNY bersiap untuk Kembali ke Yogyakarta. 

Penulis: Khairani Faizah
Editor: Cerika Rismayanthi

IKU