DWP UNY Gelar Aksi Pemeriksaan Kesehatan

1
min read
A- A+
read

Dalam rangka memperingati DIES NATALIS KE- 60 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Tahun 2024, Dharma Wanita Persatuan (DWP) UNY bekerja sama dengan Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) dan Fakultas Kedokteran (FK) menyelenggarakan kegiatan Pemeriksaan Kesehatan yang berlangsung tanggal 23 sampai 25 April 2024 bertempat di Fakultas Kedokteran. Adapun sasaran pesertanya minimal 30% dosen dan 30 % Tenaga Kependidikan.

Beberapa fasilitas yang akan didapat oleh pasien secara gratis antara lain, cek kondisi dengan alat Quantum, hasil pemeriksaan kesehatan dan penjelasan serta konsultasi dokter, sedangkan untuk cek gula darah sewaktu, kolesterol, dan asam urat peserta hanya dibebankan biaya sebesar 30 ribu rupiah. 

Ketua DWP UNY, Sulastri Sumaryanto Ketika memberi sambutan pada pembukaan kegiatan Pemeriksaan Kesehatan dihari pertama, 23 April 2024 bertempat di Gedung Sugeng Mardiyono lantai 3 Pasca Sarjana mengucapkan terima kasih kepada DRPM serta Fakultas Kedokteran UNY dan Ketua Panitia yaitu Feftiani Lantip Diat Prasojo yang sudah bersedia untuk bersinergi bersama demi mewujudkan terselenggarnya kegiatan iniPada ksempatan yang sama, Ia juga mengapresiasi antusiasme dari Dosen dan Tenaga Kependidikan untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan, terbukti pendaftar mencapai 700 orang dari target semula 686 orang.
 
“Melihat banyaknya pendaftar untuk pemeriksaan kesehatan berarti tingkat kesadaran kita semua terutama yang sudah berusia lebih dari 50 tahun untuk rutin memeriksakan kondisi Kesehatan itu cukup tinggi, “ ujar Sulastri.

Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., Ketika memberikan pidatonya untuk membuka acara pemeriksaan kesehatan mengatakan bahwa acara ini terselenggara karena ada niat baik dari ppenyelnggara demi Kesehatan seluruh sivitas akademika UNY. Profesor Sumaryanto juga menjelaskan bahwa kesehatan erat kaitannya dengan kondisi emosional seseorang. 

“Kita harus selalu berusaha untuk merasa bahagia dan tidak menyimppan rasa dendam dan amarah agar hati tenang dan sehat jiwa raga,” Sumaryanto.

Pada akhir pidatonya Profesor Sumaryanto mengucapkan terima kasih kepada Direktur DRPM,, Prof Yudik Prasetyo, M.Kes., beserta jajarannya serta Plt. Dekan Fakultas Kedoktran, dr. Kartika Ratna Pertiwi, M.Biomed,Sc,Ph.D., yang bersedia memfasilitasi kegiatan ini.

Penulis: Khairani Faizah
Editor: Prasetyo Noviriyanto

IKU