Dukung Internasionalisasi Lembaga, UNY Jalin Kerja Sama dengan Briton English Education

1
min read
A- A+
read

MoU dengan Briton English Education

Universitas Negeri Yogyakarta jalin kerja sama dengan Briton English Education dan Cambridge University pada Selasa (6/12). Bertempat di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), penandatanganan Memorandum of Collaboration (MoC) dengan Briton English Education dan Cambridge University diikuti oleh UNY dan sebelas perguruan tinggi lainnya. Pada kegiatan ini, penandatanganan UNY diwakili secara simbolis oleh Tim Teknis Kerja Sama Luar Negeri, Bidang Perencanaan dan Kerja Sama dengan Direktur Briton English Education, Authorized Cambridge Exams Centre, Cambridge Assessment English, Part of Cambridge University, Sirajuddin Tenri, M.Ed., Mgmt. Menurut Pokja Kerjasama Luar Negeri UNY Dr. Eng. Faqih Ma’arif, kerja sama ini sebagai langkah awal UNY untuk mendukung dan mendorong percepatan internasionalisasi lembaga khususnya melalui peningkatan kompetensi bahasa inggris bagi civitas akademika UNY.

Salah satu ruang lingkup kerja sama yang akan dirintis kedepannya adalah penetapan Universitas Negeri Yogyakarta sebagai Pusat Pembelajaran dan Pelatihan Cambridge English (Authorized Cambridge Preparation Centre), Pelatihan dan Sertifikasi Dosen Bahasa Inggris sebagai penguji cambridge Speaking Examiner (SE). Selain itu, beberapa potensi kerja sama yang akan dijajaki UNY diantaranya focus group discussion (FGD) untuk peningkatan kompetensi Bahasa Inggris, Kunjungan Kerja ke Cambridge University, Pelatihan dan Sertifikasi, Cambridge English for School, Cambridge English Camp, International Youth and Leadership Camp, Cambridge Exam & International Certificate, serta Duta Bahasa Inggris.

Selain penguatan kerja sama, kegiatan juga dilanjutkan dengan Talk Show bertajuk ‘Leveraging English to Maximize Global Opportunities for Indonesia’ bersama Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi serta menghadirkan keynote speakers Dr. Nick Saville, Thought Leadership Director dari Cambridge Assesment English, UK. Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama Prof Siswantoyo, M.Kes AIFO berharap dengan adanya kegiatan dan penandatanganan kerja sama ini dapat direalisasikan pada kegiatan-kegiatan tindaklanjut khususnya untuk peningkatan kompetensi bahasa Inggris bagi sivitas akademika UNY.

Penulis: Rahmat Fadhli/Riko Septiantoko

Editor : Dedy

IKU 6. Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia