Dr. Roxana Dev Omar Dev : “Otot Akan Cidera Ketika Olahraga”

1
min read
A- A+
read

paparan Roxana

Prodi Ilmu Keolahragaan mengundang Dr. Roxana Dev Omar Dev sebagai Visiting Profesor dan mengajar Mahasiswa S1 Ilmu Keolahragaan dan beberapa mahasiswa MBKM dari beberapa fakultas di UNY. Dr. Roxana mengajar mulai tanggal 4 Oktober hingga 10 Januari 2023. Sebaga Visiting Profesor, Dr. Roxana berpartner dengan Dr. Cerika Rismayanthi, M.Or. dan Rifky Riandi Prasetyawan, M.Or., dosen Ilmu Keolahragaan.

Pembukaan Visiting Profesor dibuka oleh Dekan FIK UNY, Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed. Dalam sambutannya, beliau berterimakasih kepada Universiti Putra Malaysia pada umumnya dan Dr. Roxana pada khususnya yang telah bekerja sama dengan FIK UNY secara rutin dalam memberikan kuliah dalam program Visiting Profesor dan Guest Lecture.

Mata kuliah yang diajarkan selama program VP adalah Sport Nutrition atau Nutrisi Olahraga. Dimana disebutkan Dr. Roxana, Otot akan cdera ketika olahrga, namun itu bukan masalah, karenanya kita harus memberikan protein kepada tubuh kita untuk memulihkan otot yang cidera tersebut. Ketika kita berolahraga, maka otot akan meregang atau melebar dan berkontraksi, disitulah yang dimaksudkan bahwa otot cidera, bukan berarti cidera yang kemudian mengakibatkan perdarahan, namun cidera karena otot diregangkan dan dikontraksi. Semakin lama intensitas olahraga kita, maka lemak dalam tubuh akan menurun dan otot akan meningkat.

Banyak pelajaran didapatkan dalam mata kuliah Sport Nutrition yang diberikan Dr. Roxana, mahasiswa dapat mengambil banyak manfaat dan diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi mahasiswa diantaranya untuk membuat karya ilmiah, jurnal atau mungkin membuatnya menjadi bahan dalam skripsinya nanti.  

Penulis : Putriana Damayanti

Editor : Dedy