Calon Lulusan Dan Alumni PTSP FT UNY Dibekali Sertifikasi SKK Konstruksi

1
min read
A- A+
read

Pembekalan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 05/SE/M/2022 atas perubahan Surat Edaran Nomor 03/SE/M/2022, tentang Pedoman Perpanjangan Masa Berlaku Sertifikat Keahlian Kerja dan Sertifikasi Keterampilan Kerja bidang Jasa Konstruksi serta Proses Sertifikasi Kompetensi Kerja. Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya bekerja sama dengan Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan (PTSP), Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) melalui Ikatan Alumni Sipil menyelenggarakan Bimbingan Teknis dan Kompetensi Tambahan bagi Lulusan dan Calon Lulusan sebelum mengikuti SKK jenjang 6, dengan jumlah peserta 124 mahasiswa dari PTSP, FT, UNY dan 20 mahasiswa dari STIE YKPN. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan selama 3 hari, mulai tanggal 2-4 Agustus 2022. SKA atau Sertifikat Keahlian dan SKT atau Sertifikat Keterampilan kini berganti istilah menjadi Sertifikat Kompetensi Kerja (SKK) Jasa Konstruksi.

Kegiatan sertifikasi ini sebagai fasilitas bekal ke depan untuk merefresh kembali pengetahuan dibidang konstruksi dan sharing pengalaman terhadap pelaksanaan kegiatan di Industri Jasa Konstruksi. Program ini merupakan program lanjutan yang dilaksanakan oleh IAS dengan total tidak kurang dari 500 Mahasiswa dan Alumni telah tersertifikasi mulai tahun 2017. Harapan di tahun depan, lebih banyak lagi Mahasiswa dan Alumni yang dapat disertifikasi sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan di dunia kerja sesuai dengan program prioritas Universitas.

Kegiatan ini diawali sambutan oleh Eddy Irwanto, S.T., M.Tech. selaku Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya, dilanjutkan sambutan oleh Prof. Herman Dwi Surjono, M.Sc., M.T., Ph.D. selaku Dekan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta yang didampingi oleh Bapak Dr. Nuryadin Eko Raharjo, M.Pd. selaku Koordinator Prodi Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ibu Ir. Dwi Wahjoeni Soesilowati, M.Arch. selaku Ketua Sekolah Tinggi Arsitektur YKPN Yogyakarta, Bapak Dr. Ir. Triwahyu Hardianto, S.T., M.T. selaku Dekan Fakultas Teknik Universitas Jember, dan Bapak Galeh NIPP selaku ketua IAS. Program ini terwujud atas Kerjasama yang telah terjalin antara IAS dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya, PUPR.

Kegiatan hari pertama disampaikan materi terkait Undang-Undang Jasa Konstruksi oleh Dr. Ir. Surya Budi Lesmana, M.T., Administrasi Kontrak oleh Wisnu RP, M.Pd., serta Sistem Pengadaan Barang dan Jasa oleh Galeh NIP Pratama, M.Pd. Hari kedua disampaikan materi K3 konstruksi oleh Bapak Ir. Adiwibowo, M.T., Mutu Lingkungan dan Manajemen Proyek serta Pengenalan Beton Pracetak dan Pengawasan Konstruksi Pracetak oleh Ibu Dr. Tania Edna Bhakty, M.T., serta Pengenalan Pelaksanaan Pemasangan Sistem Pracetak oleh Bapak Dr. Hery Kristiyanto, M.T. Hari ketiga disampaikan materi Quality Control pada Pekerjaan Konstruksi oleh Setya Winarno, Ph.D., Schedulling pada Pekerjaan Konstruksi oleh Ir. Dian Eksana W, M.Eng. Sedangkan materi tentang BIM (Building Information Modeling) disampaikan oleh Ika R.S., M.Eng. dilanjutkan dengan Pembesian dan Bekesting oleh Bapak Ir. Widarto S, M.T. (hryo)