Bergelimang Prestasi, Yuk Intip Prestasi Mahasiswa FT UNY

1
min read
A- A+
read

Kegiatan Dies FT

Budaya berkompetisi dan semangat berprestasi terus bergelora di jiwa dosen dan mahasiswa FT UNY, meski kondisi pandemi pun juga tak mampu menyurutkannya. Kala menyajikan laporan Kinerja pada Peringatan Dies Natalis 61 FT UNY (07/02/2022), Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D., selaku Dekan, menjelaskan bahwa sepanjang tahun lalu ada 276 mahasiswa yang menorehkan prestasi baik tingkat regional, nasional maupun internasional. Beberapa prestasi tersebut diantaranya Tim mobil Garuda UNY berhasil meraih posisi 5 pada the 2021 Shell Eco-marathon Global Virtual League yang diikuti 464 tim dari seluruh dunia serta Peringkat 2 pada Virtual Technical Inspection Asia Pacific and Middle East for Urban Concept. Pemeringkatan pada Global Virtual League tersebut merupakan akumulasi poin yang didapat tim selama berkompetisi di Shell Eco-marathon 2021,” terangnya.

Selain itu Tim Garuda UNY juga dinobatkan sebagai Juara 1 Kategori Urban Gasoline Engine Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021 sekaligus memecahkan rekor Asia Pasifik Shell Eco Marathon 392 km/liter dan rekor nasional KMHE.

Tim Robot juga meraih prestasi gemilang dalam gelaran terbaru Kontes Robot Indonesia (KRI) di 2021 dengan Juara I kategori Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda dan Juara 2 Kategori Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Juara 2 Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) serta desain dan artistik terbaik dan Juara Harapan I pada Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI). 

Juara 1 Divisi Inovasi Teknologi Digital Pendidikan dan Juara 2 Divisi Materi Digital Pendidikan Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) 2021.

Juara III Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Juara 2 kategori Propulsion System Development (ESC/ECU) dan juara 3 Ground Control Station (GCS) dalam Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI).

Silver Medal pada ajang World Invention Competition and Exhibition 2021 yang diselenggarakan oleh Young Scientist Association (IYSA) dan SEGi College Subang Jaya Malaysia.

Juara 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional Nucleon Science Paper Contest (LKTIN Nuspest) di Malang.

Selain mahasiswa, dosennya pun tidak kalah berprestasi, salah satunya Program Studi Pendidikan Teknik Boga, Andian Ari Anggraeni, M.Sc., yang mendapat Penghargaan Learning Design Terbaik dalam Apresiasi SPADA Award Indonesia 2021.

Selain daftar itu tentu masih banyak lagi milestone mahasiswa FT UNY. Wakil Dekan bidang Keuangan, Umum dan Kepegawaian, Prof. Mutiara Nugraheni, M.Si., menambahkan bahwa prestasi-prestasi tersebut diapresiasi tinggi oleh fakultas dengan memberikan penghargaan, uang pembinaan dan model inkubasi agar meningkatkan motivasi serta menginspirasi mahasiswa baru untuk meneruskan perjuangan dalam menorehkan tinta-tinta emas.  (hryo)