Bangun Karir di Masa Depan! Mahasiswa Ikuti Workshop Komunikasi Korporat dan Psikotes Pekerjaan WBSK #3

Subdit Karir dan Alumni (SKA), Direktorat Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni UNY, pada hari Rabu (23/4) mengadakan kegiatan workshop series ketiga dengan tema “Komunikasi Korporat dan Psikotes Sesuai Job” di Gedung IsDB FISHIPOL Lantai 4.

Kegiatan ini bekerja sama dengan berbagai pihak, antara lain internal UNY, alumni, serta eksternal yang meliputi Dunia Usaha, Dunia Industri, dan Dunia Kerja (DUDIKA). Dengan keterlibatan berbagai pihak, diharapkan kegiatan dapat memberikan wawasan dan pengalaman bermakna bagi mahasiswa dalam rangka menyiapkan rencana karir masa depan. Sejumlah 150 mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dari berbagai fakultas mengikuti secara luring dan 70 peserta dari mahasiswa dan alumni secara daring. 

Workshop Series Bimbingan Karir Ketiga (WSBK#3) menghadirkan Nyoman Karina Wedhartani M.Pd selaku Koordinator Program Kajian IICN dan UPT Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha. Serta pemateri kedua yang merupakan alumni UNY selaku Founder dan CEO PT Sayur Sleman Indonesia yakni Janu Muhammad, MSc. 

Sekretaris Direktorat Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni UNY Prof. Dr. Guntur, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini diadakan sebagai wadah bagi mahasiswa dan alumni untuk memberikan pemahaman yang kuat mengenai dunia kerja, oleh karena itu workshop karier kali ini mengangkat tema “Komunikasi Korporat dan Psikotes Sesuai Job”. 

“Universitas Negeri Yogyakarta mempersiapkan mahasiswa dan alumni agar mampu bersaing, salah satu skill yang harus dikuasai dalam dunia pekerjaan adalah komunikasi, baik itu di dunia kerja industri maupun pendidikan. Pada sebelumnya Workshop kedua diadakan di Fakultas Teknik dengan tema Membangun Portofolio dan Targeted Curriculum Vitae Sejak Dini, tentu tema workshop yang diadakan merujuk kepada fakultas di UNY karena masing-masing fakultas memiliki karakteristik berbeda sehingga harus disesuaikan” kata Prof. Dr. Guntur.. 

Nyoman Karina Wedhartani M.Pd menyampaikan materi berjudul “How to Build Your Work Ethics at New Place” menurutnya etika yang paling penting dalam bekerja adalah komunikasi. Komunikator handal adalah pendengar handal apabila kamu mendengar maka akan mengetahui kemudian memahami. “Etika kerja adalah nilai atau pedoman yang mengatur perilaku di tempat kerja maka dari itu penting untuk memiliki skill untuk membangun etika kerja seperti memahami dan mengikuti budaya dan aturan tempat kerja, memisahkan kehidupan pribadi dan kerja, membangun hubungan baik dan mengelola emosi” tambahnya. 

Sementara itu, pembicara kedua Janu Muhammad MSc menyampaikan materi dengan tema “Meniti Karir Sesuai Passion dan Potensi Diri”. Beliau menyampaikan kondisi dunia kerja saat ini begitu dinamis, ini yang membuat kita banyak mendapatkan informasi, sehingga bingung apa yang harus saya lakukan dan tidak fokus pada diri ingin mengikuti orang lain. “Kita bisa meng-off-kan aktivitas media sosial terlebih dahulu agar bisa melihat kondisi diri sehingga mampu mengenal diri. Segera move on dari mengantri untuk mendapatkan pekerjaan melainkan menciptakan kerja, itu adalah cita-cita kita bersama, be prepared, be agile, be different,” tutur alumni Pendidikan Geografi Universitas Negeri Yogyakarta.

Salah satu peserta kegiatan yakni Chandra Lubisa Karyawan menyampaikan alasan mengikuti kegiatan untuk mendapatkan informasi dan wawasan yang baru mengenai etika, tips, dan trik komunikasi. “Kegiatan ini memberikan pengetahuan secara lebih dalam mengenai kepribadian diri melalui tes psikotes sehingga yakin apa yang akan saya tekuni,” ucap mahasiswa Pendidikan IPS UNY.

Penulis
Ahmad Najiullah
Editor
Sudaryono
Kategori Humas
IKU