ASESMEN LAPANGAN PROGRAM STUDI TATA BUSANA SARJANA TERAPAN (D4)

1
min read
A- A+
read

Assesmen Lapangan Program Studi Busana Sarjana Terapan (D4)

Program Studi Tata Busana Sarjana Terapan (D4) Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta menjalani proses Asesmen Lapangan (AL) secara daring dengan perwakilan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk penilaian akreditasi pada Jumat – Sabtu (29–30/10/2021). Asesor BAN-PT yang bertugas pada AL tersebut adalah Dr. Trisnani Widowati, M.Si dari Universitas Negeri Semarang dan Dr. Elis Endang Nikmawati, M.Si., dari Universitas Pendidikan Indonesia. AL diawali dengan sambutan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), yang dalam hal ini disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama, Prof. Dr Margana, M.Hum., MA.

Margana meyakini bahwa kegiatan AL ini dapat memberi input positif untuk memajukan mutu layanan Program Studi Teknik Busana Sarjana Terapan. “Kami terus berkomitmen dalam memajukan pedidikan vokasi salah satunya sesuai arahan Ditjen Vokasi dimana pengelolaan secara bertahap akan disentralkan di Kampus Wates dan Gunungkidul dengan mendorong terwujudnya triple helix, yaitu model inovasi yang melibatkan akademisi, industri dan pemerintah untuk menumbuhkan perkembangan ekonomi dan sosial.,” ujarnya.

“Kami terus melibatkan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) dalam pengembangan Prodi-prodi Sarjana Terapan demi memastikan transfer of knowledge secara maksimal sehingga dapat meningkatkan link and match antara kualitas lulusan dengan kebutuhan industri,” tambah Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama UNY.

“Bahkan kami juga terus mendorong agar terciptanya hubungan kolaborasi hexa-helix antara pemerintah, swasta, intelektual, komunitas kreatif, media dan investor dalam ruh pengembangan prodi-prodi sarjana terapan demi memastikan lulusan kami memperoleh karir sesuai dengan keahlian mereka,” bebernya.

“Mereka juga terus dibekali dengan kemampuan kewirausahaan sehingga kelak tidak hanya menjadi job-seekers namun lebih menjadi job-creators,” imbuh Margana

“Oleh karenanya, komposisi pembelajaran di Sarjana Terapan terus kami dorong untuk lebih dominan pada praktik hingga 70%,” lanjut Guru Besar bidang Linguistik ini.

Sementara itu, Trisnani Widowati dalam sambutannya menyampaikan bahwa UNY telah maju dan berkembang sangat pesat salah satu buktinya adalah eksistensi Prodi Sarjana Terapan ini. Ia juga menyampaikan bahwa dua hari proses asesmen ini nantinya akan lebih banyak review dan sharing dalam upaya konfirmasi data-data yang telah dikirimkan.

Senada dengan hal tersebut, Elis Endang Nikmawati menyampaikan harapanya agar selama dua hari kedepan dapat saling berbagi pengalaman untuk kemajuan Program Studi Tata Busana Sarjana Terapan (D4).

Dekan Fakultas Teknik UNY, Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D., dalam presentasinya menekankan bahwa Program Studi Tata Busana Sarjana Terapan (D4) merupakan pengembangan dari (D3) Teknik Busana berdasarkan lampiran Surat dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi No. B/185/C. Ca/KB.01.00/2019 tentang Penugasan Perubahan Program Studi Program Diploma III menjadi Sarjana Terapan di Perguruan Tinggi untuk menguatkan jenjang pendidikan vokasi terhadap tantangan industri masa depan.

Usai pembukaan, acara kemudian dilanjutkan dengan proses verifikasi Borang III A dan Borang III B Fakultas dan Prodi. Terdapat tujuh standar yang ditinjau sebagai dasar penilaian, meliputi (1) visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian, (2) tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu, (3) mahasiswa dan lulusan, (4) sumber daya manusia, (5) kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, (6) pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi, (7) penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama. Seluruh tahapan kegiatan ini sangat relevan dengan pelaksanaan tujuan pembangunan berkelanjutan UNY dalam bidang pendidikan bermutu. (hryo)