Analisis Bibliometrik dalam Memetakan Tren Penelitian

1
min read
A- A+
read

Kegiatan

Seiring berkembangnya trend penelitian dalam berbagai bidang, hal ini berdampak juga pada penelitian bidang pendidikan. Keluarga Mahasiswa Pascasarjana UNY mencoba mengakomodasi kebutuhan untuk mengikuti trend penelitian tersebut dalam bentuk workshop penelitian. Workshop kali ini membahas tentang penelitian Bibliometrik dengan tema “Analisis Bibliometrik dalam Memetakan Tren Penelitian”.

Kegiatan yang digelar oleh KMP yang bekerjasama dengan Pascasarjana UNY ini berlangsung terbatas hanya untuk 30 mahasiswa pascasarjana secara luring pada hari Rabu, 9 November 2022 di Lantai 1 Gedung Sugeng Mardiyono Pascasarjana. Kegiatan ini diikuti dengan baik oleh peserta yang berasal dari lingkup internal UNY maupun eksternal UNY.

Workshop yang berlangsung selama 6 jam ini menghasilkan sebuah draft manuscript artikel bibliometric menggunakan program R Studio dengan sumber data dari Scopus. Menghadirkan narasumber, Dr. Syahrul Ramadhan, M.Pd dari Badan Riset dan Inovasi Nasional, Syahrul juga merupakan alumni S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Kegiatan ini bermanfaat bagi seluruh mahasiswa pascasarjana untuk membuat roadmap penelitian atau latar belakang penelitian dalam bentuk artikel yang berpeluang untuk dipublikasikan dalam berbagai jurnal internasional.

Penulis : Juliandarini/ant

Editor : Dedy

IKU 4. Praktisi Mengajar di Dalam Kampus