13 JUTA RUPIAH UNTUK SETIAP TIM PEROLEH EMAS PADA PIMNAS 2022

2
min read
A- A+
read

Evaluasi Kemahasiswaan 2021

Bertempat di Auditorium Universitas Negeri Yogyakarta, Rabu, 22 Desember 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNY menyelenggarakan acara Evaluasi dan Pembubaran Kontingen/Tim Universitas Negeri Yogyakarta yang mengikuti Kompetisi Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek dan Kompetisi Mandiri Tahun 2021, dengan luring dan daring.

Acara dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Direktur Pascasarjana, Ketua Lembaga, Komisi C Senat, Kepala Biro UPK dan Koordinator Administrasi plt. Kepala Biro AKK UNY Universitas Negeri Yogyakarta, serta Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Negeri Yogyakarta. Turut diundang Pembina dan Pembimbing Kontingen/Tim Universitas Negeri Yogyakarta.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Dr. Lantip Diat Prasojo, M.Pd. selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni menyampaikan, “Kami mengundang 76 mahasiswa perwakilan dari Kontingen/Tim UNY yang mengikuti Kompetisi Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek dan Kompetisi Mandiri Tahun 2021 secara luring sedangkan anggota lainnya beserta pembina dan pembimbing kami undang secara daring melalui zoom meeting.”

“Persentase capaian prestasi mahasiswa UNY Tahun 2021 pada tingkat wilayah sebesar 154%, nasional (228,44%), dan internasional (610%) dari 1514 mahasiswa berprestasi diantaranya disumbangkan oleh Kontingen/Tim Universitas Negeri Yogyakarta yang mengikuti Kompetisi Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek dan Kompetisi Mandiri Tahun 2021,” ungkap Lantip.

Lebih lanjut WR Bidang Kemahasiswaan dan Alumni menyampaikan beberapa capaian yang diraih mahasiswa UNY selama tahun 2021, antara lain pada ajang Kontes Robot ABU Robocon Asia Pacific 2021 meraih: Peringkat VIII dan Tokyo Electron Award; Kompetisi Paduan Suara Mahasiswa Tahun 2021 meraih: 15 penghargaan dalam 5 event Internasional; Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Tahun 2021 meraih: Juara I Divisi Inovasi Materi Digital Pendidikan, Juara I Divisi Poster Digital, Juara I Divisi Inovasi Teknologi Digital Pendidikan, Juara I Divisi Microteaching Digital, dan Juara II Divisi Inovasi Materi Digital Pendidikan; Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Nasional meraih: Juara I KRSBI Beroda, Juara II KRAI, Juara II KRSTI, dan Juara Harapan KRSRI; Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) meraih: Juara I Kategori Urban Kelas Mesin Pembakaran dalam Gasoline; Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) meraih: Juara II Kategori Presentasi PKMRSH, Juara III Kategori Poster PKMRSH, dan Juara III Kategori Poster PKMRE; Kontes Robot Terbang (KRTI) Tahun 2021 meraih: Juara II Ground Control Station Kategori Technology Development dan Juara III Propulsion System Development ESC/ECU Kategori Technology Development; Pekan Olahraga Nasional (PON) Tahun 2021 meraih: 7 Medali Perak dan 16 Perunggu; Kompetisi Statistika Ria dan Festival Sains Data (SATRIA DATA) Tahun 2021 meraih: Juara III Kategori Big Data Challenge dan Best Creativity Kategori Statistics Infographic Competition; Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) meraih: Juara III kategori Prototype ASSV; Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo Tahun 2021 meraih: Juara Harapan II; Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) Tahun 2021 meraih: Juara II Tingkat Wilayah V DIY; Memenangkan kompetisi: Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D), Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD) Mahasiswa Vokasi, Program Pengembangan Pemberdayaan Desa (P3D), dan Penumbuhan dan Pengembangan Wirausaha Desa (WIRADESA) Tahun 2021.

Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas prestasi yang diraih mahasiswa UNY selama tahun 2021, yang berdasarkan capaian kinerja kemahasiswaan UNY meraih peringkat 5 perguruan tinggi seluruh Indonesia. Sumaryanto berpesan, “UKM dibagi 2, sukses prestasi dan sukses organisasi, jangan dicampuradukkan. Yang fashionnya bidang prestasi dipasang untuk perlombaan, yang fashionnya organisasi, diminta mengurusi SPJ, proposal dan lain sebagainya.”  “Tolong dicatat, pada ajang PIMNAS 2022 bila ada yang meraih emas, akan saya beri bonus tiga belas juta tiap tim, bila ada dua emas, ya duapuluh enam juta, ini dari kantong saya sendiri Sumaryanto, bukan sebagai Rektor, duit pribadi. Agar lebih termotivasi berprestasi” kata Sumaryanto.

Pada akhir sambutannya, Rektor menyampaikan, “Matur nuwun sanget, yang menyebabkan juara dicatat, dipertahankan, syukur ditingkatkan. Yang menyebabkan kalah, tinggalkan. Apakah orangnya, barangnya, tatakelolanya.” (Sud).