UTBK KHUSUS DIFABEL TUNANETRA DIY DAN SEKITARNYA DIPUSATKAN DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

1
min read
A- A+
read

Keterbatasan bukanlah menjadi halangan seseorang untuk menuntut ilmu di perguruan tinggi. Hari ini (07/07/2020), terlihat 7 (tujuh) orang peserta UTBK tuna netra dengan penuh semangat dan tak pernah pantang menyerah sedang mengejar cita-citanya. Walau terbatas dalam penglihatan, mereka yakin bisa mewujudkan impiannya menempuh pendidikan yang lebih tinggi pada jenjang sarjana, menjadi seorang mahasiswa. Dengan langkah mantap, mereka melaksanakan UTBK di Universitas Negeri Yogyakarta.

Sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh LTMPT pada Pusat UTBK UNY di Ruang Digital Library Lantai 3 diselenggarakan UTBK untuk difabel tunanetra. Dengan dibimbing oleh petugas, satu persatu peserta UTBK difabel tunanetra memasuki Gedung Digital Library UPT Perpustakaan UNY untuk mengikuti ujian sesi 11.

“Terdapat 7 peserta difabel tunanetra yang hari ini mengikuti UTBK di UNY. Layanan khusus difabel tunanetra pada UTBK 2020 ini untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya dipusatkan di Universitas Negeri Yogyakarta, karena secara nasional dipandang sebagai salah satu Pusat UTBK yang memiliki sarana dan kemampuan pendampingan, sehingga dapat menyelenggarakan ujian dengan baik,” kata Dr. Setya Raharja, M.Pd. selaku Ketua KLA PMB UNY. Lebih lanjut Setya mengatakan, “Universitas Negeri Yogyakarta adalah kampus yang humanis, peserta difabel tunanetra pasti dilayani dengan baik.”

Sejalan dengan layanan yang diberikan, Dr. Restu Widiatmono, M.Si. sebagai Koordinator TIK UTBK UNY mengatakan, “Bagi difabel tunanetra selain jaringan dan perangkat komputer yang memenuhi persyaratan,  tentunya memerlukan pendamping khusus”. Lebih lanjut dikatakan “Sarana lain yang disiapkan adalah perangkat alat bantu pengisian jawaban yaitu perangkat riglet dan lembar braille, serta software khusus berlisensi pembaca tampilan layar monitor yaitu NVDA (Non Visual Desktop Access),” imbuh Restu.

Secara umum pelaksanaan UTBK di hari ketiga ini berjalan tertib dan aman, semua aspek ditinjau dalam penyelenggaraan UTBK baik itu panitia, peserta, pengantar, petugas keamanan bekerja dengan baik sesuai standar protokol kesehatan dan pencegahan Covid-19.  Tingkat kehadiran peserta tes hari ini dari total 1364 peserta sesi 9 dan 11, yang hadir sejumlah 1283 peserta  atau  94,1%. (Sud).