UNY TAMBAH DUA GURU BESAR LAGI

1
min read
A- A+
read

Tambah 2 Guru Besar

Sampai dengan saat sekarang (2020), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) telah memiliki 164 orang Guru Besar. Sesaat lagi akan ada penambahan dua orang guru besar, yaitu Prof. Jaslin Ikhsan, M.App.,Sc.,Ph.D. dan Prof. Dr. Dadan Rosana, M.Si. yang akan dikukuhkan sebagai Guru Besar ke-165 dan ke-166 pada Universitas Negeri Yogyakarta. Pengukuhan keduanya, direncanakan akan berlangsung di Auditorium Universitas Negeri Yogyakarta (21/11). Prof. Jaslin Ikhsan, M.App.,Sc.,Ph.D. akan dikukuhkan sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Kimia, sedangkan Prof. Dr. Dadan Rosana, M.Si. akan dikukuhkan sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Penelitian dan Evaluasi Pendidikan.

Jaslin Ikhsan merupakan dosen pada Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Jaslin Ikhsan memperoleh gelar sarjana dari Program Studi S1 Pendidikan Kimia IKIP Yogyakarta pada tahun 1992, selanjutnya memperoleh gelar strata dua dan strata tiga dari Program Studi Kimia Permukaan Universitas La Trobe Australia pada tahun 1999 dan 2006.

Sedangkan Prof. Dr. Dadan Rosana, M.Si. adalah dosen Pendidikan IPA di FMIPA. Dadan Rosana menyelesaikan program sarjananya pada Program Studi Pendidikan FISIKA IKIP Bandung tahun 1992, selanjutnya menempuh program Strata dua pada Program Studi S2 Fisika Material Elektronika Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1997, dan menuntaskan strata tiga pada Program Studi S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan UNY tahun 2008.

Dadan maupun Jaslin, banyak menghasilkan karya ilmiah baik tingkat nasional maupun internasional.  Keduanya akan membacakan pidato ilmiah sesuai bidang ilmu masing-masing. Jaslin akan menyampaikan pidato ilmiah berjudul ‘Model Kompleksasi dan Modifikasi Permukaan Mineral Lempung sebagai Material Baru dan Manfaatnya’, sedangkan Dadan akan menguraikan pidato ilmiah berjudul ‘Pembelajaran STEAM Terintegrasi Etnosains Musik Gamelan dan AOGS dalam Pengembangan HOTs Menuju SDGs Bidang Pendidikan.”

Pelaksanaan acara Guru besar pada Sabtu pagi, akan dimulai pukul 09.00 WIB, dan disiarkan melalui live streaming UNYofficial atau website uny.ac.id (rew)