UNY Raih Penghargaan Dalam PKM Award 2024

PKM Award 2024

UNY meraih prestasi dalam Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2) dan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Award 2024, Senin (19/8) di Jakarta. Dalam kegiatan yang digelar Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemendikbudristek ini UNY menyabet Perguruan Tinggi Penerima Pendanaan Terbanyak 62 judul Pada PKM Tahun 2024 Cluster II dan Perguruan Tinggi Terproduktif pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2024 Cluster II.

Direktur Belmawa Kemendikbudristek Prof. Dr. Ir. Sri Suning Kusumawardani, S.T., M.T mengatakan bahwa kegiatan ini adalah dalam upaya menumbuhkan, mewadahi dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif dimana mendapat respon positif dilihat dari banyaknya proposal yang masuk setiap tahunnya. “Direktorat Belmawa menginisiasi program kreativitas mahasiswa, dan untuk penjaminan mutu pelaksanaan Belmawa telah melakukan penilaian kemajuan pelaksanaan PKP2 pada seluruh kelompok pelaksana PKM” paparnya. Menurut Sri Suning setiap judul PKM dinilai oleh 2 orang penilai dari sejumlah 295 orang untuk menilai. Jumlah PKM yang dinilai sebanyak 3.520 buah yang dilakukan oleh 10.560 mahasiswa. Sri Suning berharap agar momentum ini dapat sebagai penyemangat dalam mempersiapkan dan meningkatkan kualitas pembinaan PKM pada tahun mendatang. Ajang ini merupakan salah satu bentuk pembinaan yang dilakukan Belmawa dalam bentuk pemberian apresiasi dengan harapan dapat memotivasi untuk membudayakan kepekaan akan hal yang terjadi di masyarakat serta berpikir kritis untuk menghasilkan solusi kreatif.

Penghargaan UNY atas capaian Kinerja Kemahasiswaan bidang Penalaran tersebut diserahkan oleh Direktur Belmawa Prof. Dr. Ir. Sri Suning Kusumawardani, S.T., M.T, kepada Direktur Akademik Kemahasiswaan dan Alumni UNY Prof. Dr. Guntur, M.Pd. Menyambut rasa syukur atas raihan UNY, Rektor UNY Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes AIFO memberikan arahan kepada Direktorat Akademik Kemahasiswaan dan Alumni UNY untuk tetap melaksanakan pendampingan secara intensif 64 judul PKM terdanai tersebut untuk sukses menuju Pimnas ke 37 yang akan di selenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara di Universitas Airlangga tgl 14 s.d 19 Oktober 2024 mendatang. “Rektor UNY juga akan menyampaikan reward bagi mahasiswa/i peraih Medali Emas Pimnas melalui Skim Penghargaan Ekstrakurikuler (PEM) serta uang pembinaan” kata Prof. Dr. Guntur, M.Pd.

Penulis
Dedy
Editor
Sudaryono
Kategori Humas
MBKM
IKU 3. Dosen Berkegiatan di Luar Kampus