UNY Raih Juara Umum Lomba Inovasi Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia ke-2 Tahun 2023

1
min read
A- A+
read

Universitas Negeri Yogyakarta berkomitmen mendukung penguatan perekonomian Indonesia melalui program pengembangan wirausaha di perguruan tinggi. Oleh karena itu melalui bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Negeri Yogyakarta menginisiasi Lomba Inovasi Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (LIKMI) yang telah dimulai sejak tahun 2022. LIKMI merupakan wadah dan ajang lomba bagi mahasiswa yang memiliki rencana usaha maupun usaha yang telah berjalan dengan baik untuk mendapatkan pengakuan dan penghargaan (award) secara sportif atas inovasi usaha yang akan atau telah dilakukan. Melalui LIKMI diharapkan dapat tercipta ekosistem wirausaha di Indonesia khususnya di lingkungan perguruan tinggi.

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil meraih gelar juara umum dalam Lomba Inovasi Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (LIKMI) ke-2 tahun 2023. Lomba yang diikuti secara nasional oleh total 3062 mahasiswa yang dikelompokkan dalam 883 tim dari 114 perguruan tinggi yang tersebar dalam 26 provinsi di Indonesia ini telah berlangsung sejak tanggal 1 Februari 2023 sampai dengan 5 Maret 2023. Universitas Negeri Yogyakarta berhasil meraih juara umum setelah berhasil menampilkan inovasi terbaik mereka pada 12 bidang kategori usaha diantaranya Usaha Kuliner Makanan, Usaha Kuliner Minuman, Usaha Fashion, Usaha Sosial Media, Usaha Teknologi Terapan dan Rancangan Teknologi, Usaha Pendidikan/Pelatihan, Usaha Kecantikan, Usaha Produk Kreatif, Usaha Entertainment, Usaha MICE, Usaha Peternakan/Budidaya, Usaha Teknologi Start-up Digital.

Keberhasilan UNY dalam meraih gelar juara umum tidak lepas dari potensi dari mahasiswa yang memiliki jiwa wirausaha yang sangat baik, keberhasilan dari mahasiswa tersebut tentu tidak terlepas dari bimbingan oleh para dosen yang selalu membantu dan memotivasi mahasiswa untuk selalu berprestasi khususnya di bidang kewirausahaan.

Dalam pelaksanaan Lomba Inovasi Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (LIKMI) ke 2 tahun 2023 ini dilakukan dalam 3 tahapan seleksi yaitu seleksi administratif, seleksi substantif dan seleksi presentasi atau final. Pada tahap final Universitas Negeri Yogyakarta meloloskan 26 tim dari total 72 tim yang tersebar pada 12 kategori usaha.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes, AIFO. menyampaikan rasa bangganya atas prestasi yang diraih oleh para mahasiswa UNY dalam Lomba Inovasi Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia ke-2 tahun 2023. Ia berharap keberhasilan ini dapat memotivasi para mahasiswa UNY untuk terus mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam bidang kewirausahaan serta ucapan Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terlaksananya LIKMI tahun 2023 ini.

Penulis : Fajar Wahyu Nugroho, M.Kom

Editor : Dedy

MBKM