UNY Network Awards Sebagai Apresiasi Pada Para Mitra UNY

2
min read
A- A+
read

Para penerima UNY Awards

Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan UNY Network Awards di Performance Hall FBS UNY, Rabu (25/5) secara luring dan daring. Rektor UNY Prof. Sumaryanto mengatakan Universitas Negeri Yogyakarta saat ini terus berbenah diri dan melakukan konsolidasi di semua lini untuk menyongsong perubahan status kelembagaan menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum. Dengan status sebagai PTN-BH, UNY terus berupaya melakukan transformasi kelembagaan dan keilmuan, kemandirian finansial, dan pemantapan budaya penelitian. Upaya lain yang juga dilakukan adalah meningkatkan program kerja sama, rekognisi dosen, peningkatan pembelajaran berbasis riset dan PPM, dan peningkatan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Upaya-upaya tersebut tentu saja tidak dapat dilakukan oleh UNY tanpa bekerja sama dan bersinergi dengan pihak lain. Oleh karena itulah, kerja sama dan sinergi dengan berbagai pihak menjadi sebuah keharusan agar upaya-upaya yang dilakukan UNY secara kelembagaan dapat berhasil dengan optimal. Dengan menerapkan prinsip pentahelix, kerja sama multipihak, UNY sebagai bagian dari unsur akademisi, terus berupaya mengembangkan dan meningkatkan jalinan kerja sama dengan instansi pemerintah, dunia usaha dan dunia industri, masyarakat dan komunitas, dan media massa. Kegiatan UNY Network Awards 2022, yang dilaksanakan pagi ini merupakan upaya nyata UNY untuk menjaga komitmen sinergi dan kerja sama tersebut. Harapannya, kegiatan serupa dapat dilaksanakan secara berkelanjutan pada waktu-waktu yang akan datang sebagai wujud komitmen UNY bersama-sama seluruh mitra, dalam membangun dan mengembangkan peradaban bangsa.

Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok dan Mongolia Djauhari Oratmangun sebagai salah satu mitra KBRI UNY memaparkan bahwa potensi kerjasama antara RI dengan RRC dalam bidang pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi masih terbuka luas, ditambah dengan program kampus merdeka yang memperluas lingkup Kerjasama dengan pengembangan sumber daya manusia dan kolaborasi antara UNY dengan perguruan tinggi terbaik di Tiongkok menuju world class university. Guru Besar Senior University Malaya Prof. Muh Saleh Aman, Ph.D memaparkan bahwa institusinya telah bekerjasama dengan UNY sejak tahun 2010 dengan kolaborasi pada seminar, pertukaran mahasiswa dan staf serta visiting professor. “Kami merasa beruntung dapat bekerjasama dengan UNY” katanya. Menurutnya University Malaya mempunyai kesamaan dengan National University of Singapore sejak 1905 dan sekarang memiliki 29.000 mahasiswa dengan mahasiswa asing lebih dari 40 negara. University Malaya telah meraih QS World Ranking pada posisi 85 dan nomor 8 pada Asian World University Ranking. Muh Saleh Aman berharap agar UNY dapat menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia, Asia Tenggara dan Dunia.

Menurut Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama UNY Prof. Siswantoyo kegiatan ini digelar dalam rangka ngopeni, ngaruhke dan ngewangi mitra kerja yang selama ini telah membersamai UNY melangkah bersama. “Sesuai dengan jargon bersatu kita maju, bersama kita bisa dan bermitra kita juara dalam rangka mendukung transisi mindset gumregah menyongsong perubahan” katanya. Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk mempertajam progres kerjasama dan dengan pemberian penghargaan ini akan lebih banyak kerjasama yang dibangun, kemitraan yang saling menguntungkan dan membuka jalan sinergitas yang lain bukan hanya akademik semata namun juga industri atau pemerintahan. Siswantoyo mengatakan bahwa kekuatan untuk kejayaan adalah seberapa luas dan intensif jejaring kerjasama itu dilaksanakan.

Dalam penganugerahan ini juga diundang secara daring kemitraan dari luar negeri seperti KBRI, KJRI, Sekolah Indonesia dan industri luar negeri, bahkan juga perguruan tinggi. Harapannya kegiatan ini dapat mempererat jejaring dan meningkatkan program kerjasama, serta meningkatkan income generating setelah UNY menjadi PTN Badan Hukum. Beberapa kategori yang digelar diantaranya UNY Award Kampus Merdeka, Mitra Kerjasama UNY baik dari pihak eksternal maupun internal, termasuk anugerah pengelolaan laman, media sosial, majalah, insan humas terpopuler, pengiriman press release terbanyak, media pemuat berita terbanyak serta wartawan teraktif peliputan di UNY. Pada kesempatan ini pula diselenggarakan penandatanganan Nota Kesepahaman antara UNY dengan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) yang dilakukan Plt Bapeten Ir. Sugeng Subarjo dan Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama UNY. (Dedy)