UNY Meresmikan Fasilitas Olahraga dan Plaza UNY Kampus Wates

1
min read
A- A+
read

Peresmian Plaza UNY

Universitas Negeri Yogyakarta meresmikan beberapa fasilitas baru, yakni Plaza UNY, Gedung olahraga (GOR), Laboraturium keolahragaan dan Stadion UNY Pada Jumat 30 Desember 2022 di UNY Kampus Wates. Peresmian ini  ditandai dengan penandatanganan prasasti dan penguntingan pita bunga oleh Rektor UNY Prof.Dr.Sumaryanto,M.Kes.,AIFO dan Ketua DPP IKA UNY, Prof. Suyanto,M.Ed.,Ph.D. Peresmian ini dihadiri oleh para pimpinan UNY, Pejabat Struktural, DPP IKA UNY, Dharma Wanita UNY, Mitra dari UNY, Bina Lingkungan dan tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan ini Ketua Pengelola UNY Kampus Wates, Dr. Komarudin, S.Pd.,M.A menyampaikan bahwa GOR, Laboratorium Keolahragaan, Plaza atau Laboraturium Kewirausahaan dan Stadion UNY dibangun dengan biaya total sebesar 62,7 M. Dengan rincian  GOR sebesar 19,1M, Lab. Keolahragaan sebesar 3,9M, Plaza UNY sebesar 35,1M, dan kompleks Stadion sebesar 4,6M.  GOR terdiri dari dua lapangan tenis dan satu lapangan basket. Lab Keolahrgaan terdiri dari 4 lantai yang digunakan sebagai laboratoriumm prodi Promosi Kesehatan dan Laboratorium Pengobatan Tradisional. Plaza UNY Wates terdiri dari 4 lantai yang terdiri dari lt 1 dan 2 berupa minimarket, stand UMKM, stan kewirausahaan mahasiswa dan lantai 3-4 diperuntukkan untuk hotel Plaza UNY Wates. Serta komplek Stadion yang terdiri dari lapangan sepak bola, track atletik, lapangan softball dan lapangan panahan. “Fasilitas yang telah ada di UNY Kampus Wates ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam peningkatan kualitas layanan  kepada para mahasiswa serta masyarakat Kabupaten Kulon Progo,” harap Komarudin MA.

Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. memberikan apresiasi dan rasa syukur atas kerja keras sehingga pembangunan sarana dan prasarana UNY Kampus Wates dapat terselesaikan. “Kedepannya fasilitas sarana dan prasarana ini dapat dapat memberi sumbangsih terhadap kemajuan olahrga di Kulon Progo. Kelak pada saatnya nanti, Kulon Progo menjadi tuan rumah PORDA kami sekiranya dapat diberi amanah untuk untuk mengembangkan sumber daya manusia dan sarana prasarananya. Sehingga akan tercipta sinergi positif antara UNY dan pemerintah Kulon Progo,”ungkap Sumaryanto.

Dalam kesempatan ini PJ Bupati yang diwakili oleh Asisten Pemerintah Kesra Setda Kulon Progo, Drs.Jazil Ambar Was’an menyampaikan atas nama pemerintah Kabupaten Kulon menyampaikan selamat atas apa yang telah dirintis untuk pembangunan beberapa fasilitas di UNY Kampus Wates. “Saya kira ini menjadikan suatu hal yang luar biasa untuk Kabupaten Kulon Progo karena keberadaan Kampus UNY Wates ini memberi warna baik itu Pendidikan maupun keolahragaan di kabupaten Kulon Progo. Dengan hal ini saya kira akan mendorong semangat dan menjadikan motivasi untuk kami para atlit di Kabupaten Kulon Progo untuk bisa terpacu meraih prestasi yang terbaik.” Ungkap Jazil.

Sedangkan menurut DPP Ketua IKA UNY, Prof. Suyanto, Ph.D. dalam sambutannya mengatakan, “Harapannya dengan adanya fasilitas Kampus yang modern ini dapat menggerakkan perekonomian Kulon Progo. Semoga dengan ini dapat bekerjasama dengan Sekda Kulon Progo untuk dapat mewujudkan kampus yang ideal, tutur Suyanto. Dalam kesempatan ini para tamu undangan juga diajak untuk berkeliling mengunjungi fasilitas seperti GOR, plaza dan kompleks stadion.

Penulis : Tusti

Editor : Dedy