UNY Kembali Menjalin Kolaborasi dengan Pertamina Foundation

1
min read
A- A+
read

Pertamina Foundation bekerja sama dengan UNY pada Sabtu (4/6/2024) mengadakan kegiatan dengan tema “ Be The Change Maker melalui PF Muda”. Acara yang berlangsung di Aula lantai 7 Gedung Imam Bernadib ini dihadiri oleh pimpinan dari UNY yaitu Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A. (Wakil Rektor Bidang Riset, Kerja Sama, Sistem Informasi dan Usaha), Direktur dan Wakil Direktur serta Para Wakil Dekan RKSIU, serta Mahasiswa sejumlah 200 orang perwakilan dari masing- masing fakultas.

Hadir dari Pertamina Foundation , Yulius S. Bulo (Operation Director Pertamina) dan Rohmat Puji Purnomo (Senior Manajer PMLO) serta hadir dua orang pemenang Pertamina Foundation ( PF) Muda 2021 yaitu, Satya Guna Rakhmatulloh (Diseminasi Hasil Ternak dan Peternakan Terintegrasi) dan Nur salam (Swantara.id).

Profesor Margana dalam sambutanya mengatakan bahwa acara ini merupakan implementasi dari kerja sama antara UNY dan Pertamina Foundation untuk bersama- sama berperan serta mengentaskan masalah-masalah sosial yang ada mulai dari tingkat kelurahan, desa, kabupaten dan kota.

Dalam kesempatan ini, Profesor Margana juga menyampaikan bahwa setelah acara ini para wakil Dekan RKSIU dan mahasiswa di Fakultas masing-masing bekerja sama membuat proposal agar bisa membuat sebuah proyek yang sifatnya sosial yaitu berguna bagi orang banyak.

“Proyek tersebut nantinya akan menjadi salah satu wujud pengejawantahan dari kerja sama antara UNY dan Pertamina Foundation,” ujar Profesor Margana.

Operation Director Pertamina, Yulio S. Bulo dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini antara lain untuk memberikan inspirasi kepada para mahasiswa, mengidentifikasi tantangan dan peluang bagi para akedemisi serta mendorong mahasiswa menemukan ide-ide inovatif.

“Paling penting dari kegiatan kali ini adalah untuk menyoroti sejauh mana peran lembaga pendidikan dalam membangun ketahanan lingkungan, meningkatkan literasi keberlanjutan, dan mempersiapkan generasi mendatang untuk tantangan di masa mendatang,” ujar Yulio S. Bulo.
Ia juga menambahkan bahwa bagi para anak muda melalui program PF muda bisa mendapatkan akses memperoleh dana bantuan untuk proyek dengan total 3 M yang akan digunakan untuk pelatihan keterampilan, pendampingan, jejaring usaha, serta pengembangan proyeknya.
 
Setelah sambutan-sambutan acara dilanjutkan dengan sharing session dengan para pejabat dari Pertamina Foundation pemenang PF Muda 2021 dipandu oleh moderator Muslikhin, M.Pd., Ph.D. (Dosen UNY) dimana terlihat para mahasiswa yang hadir nampak antusias mengikuti acara ini hingga selesai.

 

Penulis
Khairani Faizah
Editor
Prasetyo Noviriyanto
Kategori Humas
IKU
IKU 6. Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia