UNY Jalin Kerja Sama Dengan SEAQIL

1
min read
A- A+
read

Penandatanganan MOU dengan SEAQIL

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada Selasa (17/5) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan SEAMEO QITEP in Language (SEAQIL) secara virtual melalui aplikasi Zoom. Penandatanganan dari pihak UNY diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes, dan dari pihak SEAQIL diwakili oleh Direktur SEAQIL Dr. Luh Anik Mayani. Hal ini merupakan bagian upaya UNY dalam sustainable development goals pada bidang pendidikan dan kemitraan. 

Setelah melakukan penandatanganan nota kesepahaman, Luh Anik Mayani dalam sambutanya mengucapkan terimakasih kepada pihak UNY dan berharap dengan adanya agenda ini dapat memperkuat komitmen dan memperluas bidang kerja sama yang sudah diawali dengan pemagangan mahasiswa serta kegiatan pertukaran dalam kegiatan pelatihan. “Nantinya kita berharap kerja sama antara dua institusi ini dapat dikembangan baik dibidang riset, pengembangan kapasitas, pengembangan sumber belajar, pengabdian masyarakat, penguatan jejaring kerja sama, dan sebagainya” katanya. Direktur SEAQIL itu mengungkapkan bahwa pada tahun 2020 hingga 2021, mahasiswa UNY yang mengikuti magang di SEAQIL berjalan dengan sangat baik dalam program magang Klub Literasi Sekolah (KLS) dan Magang Regular. Ada 64 mahasiswa UNY yang mengikuti program magang sebagai mentor KLS yang dilaksanakan selama empat bulan secara daring. Sedangkan pada Program Magang Regular yang paling diminati adalah menjalankan program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Selian itu, dosen UNY berkontribusi dan menjadi mitra dalam pengembangan materi pembelajaran maupuan pelatihan yang diadakan SEAQIL.

Siswantoyo mengapresiasi kesempatan yang diberikan kepada UNY untuk dapat bermitra dengan SEAMEO QITEP in Language. “Banyak hal yang bisa kita optimalkan dalam kolaborasi antara SEAQIL dengan UNY. Kami berharap dengan kolaborasi dan kesetaraan akan mmenghasilkan sesuatu yang lebih bermakna untuk pembangunan masyarakat Indonesia pada umumnya, terkhusus bagi UNY karena kami berkeinginan dari UNY untuk Indonesia dan dari UNY untuk dunia” ,katanya. Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama UNY tersebut berharap agar kolaborasi yang telah dilaksanakan ini tidak dilakukan hanya sepotong-sepotong sehingga dengan rancangan jangka panjang dapat diakselerasi dan intensifkan berbagai macam program kedua lembaga secara bersama-sama atau menambahkan komunitas masyaratakt, komunitas industri akan menjadi sangat baik. (dew)

IKU
IKU 6. Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia