UNY dan UNESA Berkomitmen untuk Maju Bersama

1
min read
A- A+
read

Bersinergi saling berbagi pengalaman dan pengetahuan, hal ini dilakukan oleh UNESA dan UNY. Rombongan UNESA Surabaya dipimpin Rektor Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes. melakukan benchmarking ke UNY, kampus yang merupakan sahabat dari UNESA. Rektor UNESA didampingi para Wakil Rektor, Dekan FIKK, Ketua Program Studi, dan tim pendukung. Rombongan diterima langsung oleh Rektor UNY beserta Wakil Rektor, pimpinan fakultas, dan tim pendukung.

Acara diawali dengan jamuan makan malam yang dilaksanakan pada Kamis (1/6) di Hall Rektorat, kemudian dilanjutkan dengan diskusi. Hari berikutnya, Jum’at (2/6) di lapangan Tenis Indoor UNY dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman antara UNY dan UNESA. Berkenan melaksanakan tanda tangan Rektor UNY Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. dan Rektor UNESA Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes. yang lebih dikenal dengan Cak Hasan. Nota kesepahaman meliputi bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, pengembangan sumber daya, dan kegiatan lain sesuai fungsi dan wewenang masing-masing pihak guna kelancaran pelaksanaan tugas kedua belah pihak.

Cak Hasan menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas sambutan dan fasilitasnya, UNESA merasa terhormat berada di UNY. Cak Hasan juga menyampaikan tentang perkembangan dari UNESA yang dapat ditiru oleh UNY, dan berharap rombongan UNY dapat saling berkunjung ke UNESA dan dijanjikan untuk naik kuda di Kampus.

Dengan adanya nota kesepahaman ini menurut Cak Hasan, agar tidak hanya sampai penandatanganan saja, namun harus direalisasikan seperti bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat termasuk dalam hal publikasi bersama. 

“Kita akan maju bersama, antara UNY dan UNESA,”kata Cak Hasan.

Gayung bersambut, Rektor UNY juga sangat senang dikunjungi tamu dari UNESA, dan pastinya akan memuliakan tamunya. UNESA merupakan sahabat seniornya tempat belajar ngangsu kawruh dari UNY. 
Prof. Sumaryanto juga menyampaikan tentang capaian percepatan guru besar, peningkatan mutu SDM tentang studi lanjut, dan lain sebagainya. “Suatu saat, UNY akan mengundang dosen UNESA untuk menguji disertasi di UNY” pungkas Rektor UNY.

Disamping penandatanganan nota kesepahaman juga dilaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan UNY dengan Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan UNESA Surabaya. Dekan FIKK UNY Prof. Wawan S. Suherman, M.Ed. dan Dekan FIKK UNESA Dr. Dwi Cahyo Kartiko, S.Pd., M.Kes. disaksikan oleh Rektor kedua belah pihak, melaksanakan penandatangan perjanjian kerjsama yang merupakan implementasi dari Nota Kesepahaman.

Setelah penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama, dilaksanakan pertandingan tenis lapangan yang dilaksanakan di Gedung Tenis Indoor UNY. Menurut Dr. Abdul Alim, S.Pd.Kor., M.Or. selaku panitia menyampaikan bahwa kegiatan latihan bersama antara UNESA Surabaya dan UNY ini merupakan persiapan dalam rangka menghadapi kejuruan LPTK Cup yang akan dilaksanakan di Universitas Negeri Malang. Direncanakan pertandingan persahabatan akan dilaksanakan dari tiga perguruan tinggi, yaitu UNY, UNESA, dan UNDIKSA Bali, namun UNDIKSA membatalkan karena ada kegiatan keagamaan yang harus mereka laksanakan.

Penulis: Prasetyo Noviriyanto
Editor: Sudaryono 
 
 

IKU