UNY Buka Peluang Proyek Zheng College Program Dengan JVIAT Dan Jiangsu Province

1
min read
A- A+
read

Penghargaan JVIAT untuk delegasi UNY dan Kemendikbudristek

Jianshu-Universitas Negeri Yogyakarta melaksanakan penandatanganan Implementasi Kerja Sama Akademik dengan Jiangshu Polythecnic Institute. Delegasi UNY mengirimkan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes.,AIFO. Acara yang diselenggarakan baru-baru ini tersebut dihadiri oleh Presiden Jiangshu Vocational Institute of Architectural Technology, Kepala Kantor Internasional JVIAT, PiC Zheng He College Program untuk Asia, sementara dari Indonesia diwakili oleh Direktur SEAMEO, BBGP Prov. Banten dan Kemendikbudristek.

Kegiatan tersebut merupakan implementasi kerja sama akademik untuk Zheng He College program yang bertujuan untuk membangun smart city dan pengembangan SDM bekerja sama dengan JVIAT dan Pemerintah Jangshu. “Saat ini, Zheng He Project telah tersebar di lebih 100 negara di dunia, dan Indonesia merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang mendapatkan bantuan Zheng He college program.“ tutur Prof. Siswantoyo.

President JVIAT menyampaikan terkait dengan detail program yang telah dijalankan selama 3 tahun Bersama dengan mitra. Beberapa persyaratan khusus dibutuhkan seperti kerja sama dengan pemerintah local (setempat), pengembangan SDM Dosen, Pengembangan SDM Tenaga kependidikan, Mahasiswa, serta pengembangan infrastruktur menuju smart city. “Ujarnya”

Zhenghe atau dikenal dengan Cheng Ho versi Indonesia merupakan salah satu tokoh penting dalam sejarah perjuangan China pada masa lampau. Cheng Ho yang merupakan tokoh muslim di Tiongkok yang telah berhasil mengembara hingga ke kepulauan Nusantara dan mendirikan beberapa tempat ibadah. Oleh pemerintah Tiongkok, Cheng Ho merupakan salah satu pahlawan yang jasanya tidak terlepas dari kemajuan negara tersebut hingga saat ini.

Diskusi diakhiri dengan jamuan makan siang oleh Pimpinan JVIAT, UNY, dan Kemendikbudristek RI. UNY telah mempersiapkan diri untuk meramu implementasi kerja sama akademik dengan JVIAT dan Pemerintah Jiangsu dalam proyek Zheng He, yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat, melalui berbagai kegiatan bersama. Keberhasilan pencapaian program ini didukung sepenuhnya oleh Staf Ahli Wakil Rektor Bidang Implementasi kerja sama akademik, publikasi, pemeringkatan dan IG.

Penulis: Faqih Ma’arif

Editor: Dedy

MBKM
IKU
IKU 3. Dosen Berkegiatan di Luar Kampus
IKU 6. Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia