UNY Bersinergi Dengan Undana dan UST Melalui Penandatanganan MoU

1
min read
A- A+
read

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) terus berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama dengan berbagai pihak terutama dengan berbagai universitas yang ada di Indonesia. Wujud komitmen itu terlihat ketika UNY kembali mengadakan Memorandum Of Understanding (MoU) dengan 2 universitas terkemuka di tanah air yaitu Universitas Nusa Cendana (Undana) dan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) pada Rabu (7/9) bertempat di UNY Hotel.

Hadir dari UNY menyambut rombongan Prof. Drs. H. Pardimin (Rektor UST) dan Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc., (Rektor Undana) yaitu Rektor UNY, Prof. Dr.Sumaryanto, M.Kes., beserta para Wakil Rektor, Para Kepala Biro dan jajaran pimpinan terkait lainya.

Dalam sambutanya setelah melaksanakan penandatangan MoU, Rektor UNY Profesor Sumaryanto mengatakan bahwa pihaknya siap melayani secara maksimal apa saja yang nantinya dibutuhkan oleh Undana dan UST. Dirinya juga mengharapkan melalui kerja sama ini nantinya bisa saling bahu- membahu meningkatkan SDM Masing- masing.

Pada kesempatan ini Sumaryanto mengatakan bahwa dirinya mewajibkan kepada seluruh dosen dan Tenaga kependidikan yang ada di UNY untuk melaksanakan studi lanjut baik itu muali dari jenjang S1, S2 dan S3 sebagai salah satu upaya meningkatkan SDM yang ada. Kedepanya melalui kerja sama ini Ia berharap nantinya juga akan banyak para dosen dari Undana maupun UST yang melanjutkan sekolahnya di UNY.

Rekor Undana, Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc., dalam pidatonya mengungkapkan bahwa kunjunganya ke UNY kali ini sebagai wujud memperkuat kebhinekaan dan upaya mempelopori persatuan antar mahasiswa di tanah air, terutama antara UNY dengan Undana. Ia pun mengutarakan bahwa siap memfasilitasi apabila ada mahasiswa UNY yang hendak KKN di Kupan,Nusa Tenggara Timur (NTT). Berkaca dari UNY yang terlebih dulu mewajibkan para dosen dan tenga kependidikanya untuk studi lanjut, Rektor Undana juga akan melakukan hal yang serupa demi kemajuan di Undana.

Prof. Drs. H. Pardimin selaku Rektor UST mengungkapkan harapanya agar UNY bisa membimbing dan membantu agar UST bisa berkembang lebih baik. Dirinya mengakui kendala yang dihadapai UST salah satunya adalah berkurangnya jumlah peminat dari lulusan SMA yang akan melanjutkan studi ke UNY. Senada dengan apa yang disampaikan Undana, Rektor UST juga mengatakan kedepanya akan Mendorong para dosenya untuk segera melanjutkan sekolahnya dan berharap UNY dapat memfasilitasi. (Khairani Faizah)