Universitas Negeri Yogyakarta Bawa Pulang Empat Penghargaan dari Peksiminas XVI

1
min read
A- A+
read

Juara 1 tangkai lomba Vokal Grup

Kontingen Universitas Negeri Yogyakarta berhasil membawa pulang empat penghargaan dalam ajang Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) XVI. Penghargaan yang diraih adalah Juara 1 tangkai lomba Vokal Grup, Juara 2 tangkai lomba Menyanyi Keroncong Putri, Juara 2 tangkai lomba Desain Poster, dan Juara 3 tangkai lomba Menyanyi Seriosa Putri. Peksiminas merupakan puncak kegiatan kemahasiswaan di bidang pengembangan bakat dan minat mahasiswa dalam bidang seni. Tahun ini, Peksiminas XVI dilaksanakan secara luring di Universitas Brawijaya pada 25-28 Oktober 2022 dan diikuti oleh 123 Perguruan Tinggi di Indonesia dengan 15 tangkai yang diperlombakan.

Tim Universitas Negeri Yogyakarta berhasil mendapatkan Juara 1 tangkai lomba Vokal Grup yang beranggotakan Ryan Priatama (Ilmu Komunikasi), Andika Hardian Nugraha (Ilmu Sejarah, Daffa Islamy A. S. (Pend. Seni Musik), Muhammadd Rafie W. (Ilmu Komunikasi), Sonia Sahra Safira (Pend. Seni Musik), Mikeista Rut Sabatia (Pend. Seni Musik), Maria Linovinka Ednata P. (Pend. Guru PAUD), Pasca Violita Langit (Pend. Seni Musik), Glory Stephani Hia (Pend. Seni Musik), Raphael Ardhana K. (Pend. Seni Musik), dan Aang Gilang Rabbana (Pend. Seni Musik). Juara 2 tangkai lomba Menyanyi Keroncong Putri oleh Marcelina Milenia Surtikanti (Pend. Seni Musik). Juara 2 tangkai lomba Desain Poster oleh Bayu Prihantoro (Pend. Seni Rupa). Juara 3 tangkai lomba Menyanyi Seriosa Putri oleh Maria Natania Tya Astuti (Pend. Seni Musik).

Sebelum bertanding di Peksiminas XVI seluruh Duta Seni dari Universitas Negeri Yogyakarta melakukan training di Hotel Platinum Daerah Istimewa Yogyakarta pada 10-12 Oktober 2022. Training center dilakukan dengan intens latihan untuk mematangkan persiapan para Duta Seni agar siap bertanding. Kegiatan ini juga menghadirkan para pakar disetiap bidang untuk memberikan penilaian dan masukan agar Duta Seni lebih berkembang.

“Bersyukur sekali bisa berdiri dengan hasil ini, mengingat tim dari provinsi lain juga bagus-bagus. Tentu hasil ini tidak mudah untuk bisa kami capai. Kami sudah mempersiapkan segala aspek dengan matang baik dari segi aransemen, vokal, koreo, hingga kostum. Kami juga sudah memulai latihan sejak bulan Agustus. Hasil ini tidak lepas dari dukungan Universtas Negeri Yogyakarta yang memberikan kami wadah untuk berprestasi, salah satunya melalui training center yang dilakukan sebelum kami berangkat ke Universitas Brawijaya,” jelas Ryan Priatama selaku anggota Starlight Voice vokal grup.

Hasil ini menambah prestasi yang diraih oleh Universitas Negeri Yogyakarta dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Semoga dengan capaian ini akan lebih banyak lagi prestasi yang diraih oleh Universitas Negeri Yogyakarta baik di level nasional maupun internasional.

Penulis: Ryan Piatama/2022
Editor: Prasetyo

IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus