Tindak Lanjut Kerjasama Pemerintah Kabupaten Bengkayang Dengan Universitas Negeri Yogyakarta

1
min read
A- A+
read

Kerjasama dengan Bengkayang

Universitas Negeri Yogyakarta menerima kunjungan dari Kabupaten Bengkayang yang dihadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten Bengkayang Drs. H. Syamsul Rizal beserta jajarannya mulai dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Dinas Kesehatan dan jajarannya pada Hari Kamis 8 Desember 2022. Maksud dan tujuan kunjungan kali ini adalah menindak lanjuti nota kesepahaman serta membahas program yang kedepannya akan dilakukan bersama antara Universitas Negeri Yogyakarta dengan Pemerintah Kabupaten Bengkayang.

Syamsul Rizal melalui sambutannya menyampaikan bahwa tujuan kunjungan ke Universitas Negeri Yogyakarta kali ini adalah untuk membahas program yang akan di laksanakan dalam bentuk Perjanjian Kerja Sama. Program tersebut adalah RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau). Pihaknya menyampaikan salah satu visi dan misi Pemerintah Kabupaten Bengkayang adalah meningkatkan kualitas SDM yang ada di Bengkayang, yang mana visi dan misi ini selaras dengan program RPL milik Universias Negeri Yogyakarta yang memiliki tujuan; 1)  Memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk belajar sepanjang hayat melalui pendidikan formal pada jenjang Pendidikan Tinggi. 2) Memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk belajar sepanjang hayat melalui pendidikan formal pada jenjang Pendidikan Tinggi.

Pada kesempatan ini Universitas Negeri Yogyakarta diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama Prof. Dr. Siswantoyo beserta pihak-pihak dari unit terkait seperti Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama Fakultas Ilmu Pendidikan Dr. Cepi Safruddin Abdul Jabar, Ketua Layanan Admisi Dr. Setya Raharja, beserta beberapa staf dari bidang-bidang terkait. Siswantoyo dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada rombongan dan juga menyampaikan agar rencana yang sudah pernah dibahas saat UNY berkunjung ke Bengkayang agar segera direalisasikan karena dibatasi oleh waktu, ini sudah mau memasuki semester genap, sehingga bagi pegawai yang akan mengikuti kuliah RPL agar segera ditindaklanjuti.

Menanggapi hal yang disampaikan oleh Wakil Bupati Bengkayang, Kepala layanan Admisi, Setya Raharja, mengatakan bahwa Program RPL sangat cocok untuk segera direalisasikan dalam bentuk Perjanjian Kerja Sama antara Universitas Negeri Yogyakarta dengan Pemerintah Kabupaten Bengkayang. RPL adalah pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan formal dan untuk melakukan penyetaraan dengan kualifikasi tertentu. Sejalan dengan tanggapan Ketua Layanan Admisi Universitas Negeri Yogyakarta pihak Bengkayang akan segera menindaklanjuti program kerja sama ini dengan melakukan penunjukan PIC (Person In Charge) yang akan bertanggungjawab untuk berkomunikasi secara intensif dengan kantor Layanan Admisi terkait tata cara dan persyaratan program RPL.

Penulis: Arga

Editor : Dedy

 

IKU 6. Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia