Tim PKM UNY Gelar Pelatihan Optimalisasi Google for Education

1
min read
A- A+
read

Pelatihan Google

Percepatan digitalisasi dan pemanfaatan teknologi berbasis internet membuat Tim PKM menggelar Pelatihan Education Dalam Pembelajaran Daring bagi Guru dan Siswa SMK Muhammadiyah 1 masyarakat untuk senantiasa beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Berbagai perangkat pun diciptakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitasnya. Tak terkecuali dalam bidang pendidikan.

Berangkat dari hal tersebut, tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melakukan pelatihan pemanfaatan perangkat belajar bagi siswa dan guru SMK Muhammadiyah 1 Wates (Muhiwa), Yogyakarta. Serangkaian kegiatan yang bertajuk "Optimalisasi Google Wates" dilaksanakan pada Rabu (12/10/22) diikuti 78 peserta yang terdiri dari 32 siswa dan 46 guru.

"Kegiatan ini adalah bentuk kesungguhan UNY, khususnya Jurusan Ilmu Komunikasi dalam menguatkan perannya di tengah masyarakat. Melalui pelatihan Google for Education ini diharapkan semakin merekatkan UNY dengan SMK Muhammadiyah 1 Wates" ucap Ulfah Hidayati, Dosen Ilmu Komunikasi UNY.

Kegiatan ini terbagi menjadi dua tempat, yakni pelatihan untuk para guru yang bertempat di Aula dan pelatihan untuk siswa di Lab Komputer SMK Muhiwa. Pelatihan untuk guru didampingi oleh Novianto Yudha, Dosen Ilmu Komunikasi yang menyampaikan materi pengenalan Google Slides dilanjutkan  penyampaian materi Pear Deck oleh Dosen Ilmu Komunikasi, Ulfah Hidayati. Sedangkan pelatihan untuk siswa diisi oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi  yang turut serta dalam kegiatan PkM ini.

 

Acara diawali dengan pemaparan materi kemudian dilanjutkan praktik oleh peserta. Tim PkM membagi peserta siswa menjadi empat kelompok untuk membuat presentasi dengan memanfaatkan semua fitur yang telah dikenalkan sebelumnya. Sedangkan bagi peserta guru melakukannya dengan berkelompok dua orang.

"Pemanfaatan Google Slides akan mempermudah dalam menyusun sebuah materi presentasi dan Pear Deck akan melengkapi presentasi menjadi lebih interaktif dengan komunikasi dua arah. Dengan demikian, siswa tidak akan mudah bosan saat menerima materi dan pembelajaran pun lebih efektif." ujar Novianto Yudha selaku ketua Tim PkM.

Selain itu, Ulfah juga menambahkan bahwa tidak hanya aplikasi Pear Deck saja yang dapat dimanfaatkan untuk membuat presentasi menjadi lebih menarik, ada banyak aplikasi serupa yang bisa ditemukan.

Itu menjadi alasan mengapa seorang pengajar harus mampu beradaptasi dengan semua kondisi, terlebih dengan kemajuan teknologi.

Bersamaan dengan acara ini, 6 mahasiswa turut membantu mendampingi para siswa dalam menyusun sebuah presentasi. Pelibatan mahasiswa dalam acara PkM menjadi agenda tersendiri dari UNY agar mereka lebih cakap dan terampil dalam pengembangan skill dan kemampuan bermasyarakat.

Penulis : Ratna

Editor : Dedy

 

 

 

 

 

 

IKU 3. Dosen Berkegiatan di Luar Kampus