Teliti Efektivitas SPI di PTN di Indonesia, Dhyah Raih Gelar Doktor

1
min read
A- A+
read

Foto bersama

Dhyah Setyorini, M.Si., Ak., dosen dari Departemen Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Yogyakarta (FEB UNY), berhasil meraih gelar doktor setelah mempertahankan disertasinya yang berjudul "Determinan Efektivitas SPI (Satuan Pengawas Internal): Studi Empiris pada Perguruan Tinggi di Indonesia." Sidang tertutup disertasinya berlangsung di hadapan dewan penguji dari Universitas Sebelas Maret dan membawanya meraih gelar Doktor di bidang Ilmu Ekonomi dengan peminatan Akuntansi.

Dalam sidang tersebut, Dhyah diuji oleh tim yang terdiri dari Prof. Drs. Djoko Suhardjanto, M.Com. (Hons), Ph.D., Ak., Dr. Setianingtyas Honggowati, M.M., Ak., Dr. Wahju Widarjo, M.Si., Ak., dan Prof. Dr. Abdul Halim, M.B.A., Ak., CA. Selain itu, Komisi Promotor disertasi ini terdiri dari Prof. Dr. Rahmawati, M.Si., Ak., CA sebagai Promotor, serta Dr. Sri Hartoko, M.B.A., Ak., CA., dan Dr. Payamta, M.Si., Ak., CPA sebagai Ko-Promotor.

Penelitian Dhyah Setyorini memberikan bukti empiris mengenai determinan efektivitas SPI pada seluruh perguruan tinggi negeri di Indonesia. Dengan menggunakan sampel dari 76 perguruan tinggi negeri dan 174 responden amatan, data penelitian diperoleh melalui teknik simple random sampling dan diolah menggunakan structural equation modelling dengan pendekatan partial least square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan manajemen dan keterlibatan SPI dalam manajemen risiko berpengaruh positif signifikan terhadap efektivitas SPI, sedangkan gaya kepemimpinan transformasional tidak menunjukkan pengaruh positif signifikan.

Temuan dari penelitian ini memberikan informasi penting mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas SPI di perguruan tinggi negeri Indonesia. Dhyah menyarankan agar penelitian selanjutnya dilengkapi dengan wawancara mendalam kepada responden untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap, serta mempertimbangkan penggunaan metode penelitian campuran (mixed method). Selain itu, triangulasi data kinerja efektivitas SPI dari sudut pandang SPI juga perlu ditambahkan untuk melengkapi hasil penelitian terkait efektivitas SPI. 

Penulis
Fadhli
Editor
Dedy
Kategori Humas
IKU 3. Dosen Berkegiatan di Luar Kampus