STRATEGI DAN MATERI PEMBELAJRAN

1
min read
A- A+
read

STRATEGI DAN MATERI PEMBELAJRAN

Bila mengacu pada Permendikbud, ada sembilan aspek dalam pembelajaran perguruan tinggi dengan 7 aspek utama yang harapannya ketika kita sebagai pengajar dalam mendesain pembelajaran mesti merujuk pada aspek-aspek ini yaknik intrektif, holistik, interaktif, saintifik, kontekstual dan tematik, kolaboratif, serta berpusat pada mahasiswa. Demikian disampaikan Dr. Sunaryo Soenarto, M.Pd. dalam pembukaan presentasinya kala menjadi narasumber dalam Webinar Series #2 Pengembangan Kapasitas Dosen Fakultas Teknik UNY 2021 yang diselenggarakan Pusat Sumber Belajar FT UNY (12/08/2021).

Sunaryo melanjutkan bahwa ada tiga elemen dalam desain pembelajaran yang berawal pada capaian pembelajaran (CP) atau tujuan pembelajaran. “Pada Rencana Pembelajaran Semester kita telah dibuat berjenjaang yakni dari  CP lulusan Program Studi kemudian dijabarkan menjadi CP mata kuliah dan setiap mata kuliah akan dijadikab sub-sub utuk tiap pertemuan atau beberapa pertemuan. Dari tujuan tersebut lah akan tersedia akses pada pembelajaran yang terkandung strategi dan metode pembelajaran. Kemudian, dari proses pembelajaran tersebut kita lakukan evaluasi,” terang Sunaryo.

“Dengan mempehatikan hal-hal tersebut kala mendesain perkuliahan manfaat yang akan diperoleh tidak lain untuk memfasilitasi mahasiswa dalam proses belajar memahami, menghayati, berkarya hingga melakukan kegiatan nyata yang tentu sangat relevan dengan pendidikan vokasi yang ditonjolkan di FT UNY,” beber Sunaryo. (hryo)