Sri Sultan HB X Menghadiri Upacara Pengukuhan 14 Guru Besar Baru UNY

2
min read
A- A+
read

Universitas Negeri Yogyakarta Kembali melaksanakan upaca pengukuhan Guru Besar pada Sabtu, 26 Agustus 2023 di SAuditorium UNY, Adapun Guru besar yang dikukuhkan pada hari ini berjumlah 14 orang  yang berasal dari 6 Fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP), Fakultas Bahasa Seni dan Budaya (FBSB), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakutas Ilmu Sosial Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL), Fakultas Ilmu  Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK), dan Fakultas Teknik (FT).
Pengukuhan guru besar kali ini terlihat istimewa, karena Gubernur DIY Sri Sultan HB X yang juga merupakan anggota Majelis Wali Amanat UNY berkenan hadir bersama Gusti Kanjeng Hayu. Selain  itu turut hadir beberapa tamu undangan istimewa lainnya yaitu Didik Wardaya, M.Pd., (Kepala Dinas Dikpora DIY), Hardo Kiswoyo (Sekda Sleman), Arif Setiawan (WAKA DPRD Sleman) dan Dr. Timbul Raharjo (Rektor ISI Yogyakarta).

Guru besar yang dikukuhkan kali ini yaitu dari Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Prof. Dr. Entoh Tohani, M.Pd. dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pengembangan Program Pendidikan Nonformal, Prof. Dr. Farida Agus Setiawati, M.Si., Psikolog (Guru Besar dalam Bidang Ilmu Psikometri), Prof. Dr. Lia Yuliana, S.Pd., M.Pd. (Guru Besar dalam Bidang Ilmu Kepemimpinan Pendidikan) dan Prof. Dr. Yoppy Wahyu Purnomo, S.Pd., M.Pd. (Guru Besar dalam Bidang Pendidikan Matematika Sekolah Dasar). Sedangkan dari Fakultas Bahasa Seni dan Budaya Prof. Dr. Kuswarsantyo, M. Hum. dikukuhkan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pengkajian Seni Tari.

Guru Besar dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam adalah Prof. Dr. Slamet Suyanto, M. Ed. Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pendidikan Biologi. Dari Fakultas Ilmu Sosial Hukum dan Ilmu Politik ada Prof. Dr. Eny Kusdarini, S.H., M. Hum. (Guru Besar dalam Bidang Ilmu Hukum Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum), Prof. Dr. Muhammad Nursa’ban, S.Pd., M.Pd. (Guru Besar dalam Bidang Ilmu Evaluasi Pembelajaran Geografi), Prof. Dr. Drs. Saliman, M.Pd. (Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pembelajaran Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial) dan Prof. Dr. Suhadi Purwantara, M.Si. (Guru Besar dalam Bidang Ilmu Geografi Fisik).

Guru Besar dari Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan ada Prof. Dr. Guntur, M.Pd. (Guru Besar dalam Bidang Ilmu Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani) dan Prof. Caly Setiawan, M.S., Ph.D. (Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pedagogi Olahraga). Sedangkan dari Fakultas Teknik dikukuhkan Prof. Dr. Valentinus Lilik Hariyanto, M.Pd. (Guru Besar dalam Bidang Praktik Kerja Batu dan Beton) dan Prof. Dr. Ir. Slamet Widodo, S.T., M.T., ASEAN Eng., IPM (Guru Besar dalam Bidang Ilmu Teknologi Beton).

Dalam Upaca pengukuhan Guru Besar kali ini juga menampilkan “ Beksan Ajisaka” yang merupakan “beksan kakung” atau tari putra yang pertama diciptakan Sultan HB X sejak bertakhta. Tarian ini diilhami oleh Sultan HB X sebagai esensi pemaknaan dibalik aksara  Jawa yang sangat sarat dengan makna ajaran luhur. Secara lengkap tarian ini dapat diartikan sebagai representasi sosok pemimpin yang melaksanakan Hablum minallah dan Hablum minannas selain itu juga meyakini bahwa dunia dan seisinya diciptakan tidak sembarangan karena memiliki tujuan. Tarian ini juga mengingatkan bahwa manusia punya keterbatasan yaitu bisa sakit dan mati, sebagai manusia kita bisa bisa membaca dan melihat tanda alam  dengan meyakini dan mencari serta menghadapi kenyataan yang diberikan oleh Allah.

Dalam sambutannya, Rektor UNY Prof. Sumaryanto mengatakan bahwa pengukuhan Guru Besar ini merupakan salah satu tradisi untuk memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para dosen yang telah berjuang mendapatkan jabatan akademik tertinggi. Selain itu, upacara pengukuhan ini juga merupakan wadah akademis bagi para guru besar untuk mengemukakan ide, gagasan, dan informasi terkini yang terkait dengan bidang keilmuan/keahlian yang ditekuni.

“Saat ini para dosen terus meningkatkan diri melalui kenaikan jabatan fungsional dan pangkat,” tambah Sumaryanto

Ia menambahkan seiring dengan status UNY sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) didorong untuk menjadi Universitas Berkelas Dunia yang salah satunya adalah didukung oleh Sumber Daya Manusia yang berkualitas. UNY terus mendorong para dosen untuk terus meningkatkan diri melalui kenaikan jabatan fungsional dan pangkat, baik ke Guru Besar ataupun ke Lektor Kepala. Berbagai program tengah kita laksanakan seperti Pendampingan Percepatan Guru Besar, dan Percepatan kenaikan Jabatan Lektor Kepala dari Asisten Ahli dan Lektor. Selain itu, UNY juga mengalokasikan anggaran pada berbagai kegiatan tridarma untuk mengakselerasi pengembangan SDM yang berkualitas, seperti Penelitian dan PPM Percepatan Guru Besar, serta mendorong para dosen maupun Tenaga Kependidikan (Tendik) untuik melanjutkan sekolah hingga jenjang Doktor (S3). Profesor Sumaryanto menambahkan saat ini terdapat 151 Guru Besar dan dalam waktu dekat jika tidak ada aral melintang, UNY akan kembali menambah 5 guru Besar yang menurut rencana akan dikukuhkan pada Sabtu 30 Desember 2023 mendatang.

“Atas nama pimpinan dan keluarga besar UNY, sekali lagi kami ucapkan selamat dan sukses kepada para Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta yang dikukuhkan pada hari ini. Semoga pencapaian Bapak/Ibu semua dapat berkontribusi bagi kepentingan keluarga, masyarakat, lembaga, bangsa, dan negara. Semoga Allah SWT merahmati dan mengabulkan doa kita semua.”pungkas Profesor Sumaryanto.
 
Penulis: Khairani Faizah
Editor: Sudaryono

IKU