Sosialisasi SIMPel UNY Dan Komitmen Bersama Pembangunan Zona Integritas Bidang Pengadaan Barang/Jasa

1
min read
A- A+
read

Sosialisasi SIMPel

Universitas Negeri Yogyakarta berbenah diri menyongsong akan berubahnya status menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH). Menjadi sebuah universitas yang bersih melayani dalam tata kelola serta layanan merupakan salah satu tujuan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang tersebut dalam Renstra 2020-2025, yaitu Terwujudnya tata kelola dan layanan baik, bersih, dan berwibawa dalam pelaksanaan otonomi perguruan tinggi berdasarkan ketakwaan, kemandirian, dan kecendekiaan. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan kerjasama dan sinergitas dari seluruh elemen organisasi universitas, dari tingkat pusat sampai dengan fakultas dan unit-unit kerja lainnya, serta stake horlder terkait.
Berupaya mewujudkan hal tersebut, UNY menggelar Sosialisasi Peningkatan Pengelolaan Pengadaan Barang/Jasa. Sistem Informasi Manajemen Pengadaan Langsung  yang disingkat menjadi SIMPeL, merupakan sistem yang dibangun untuk memfasilitasi proses pengadaan langsung secara elektronik  dan mengelola database hasil pengadaan langsung, dalam rangka menghasilkan informasi yang dapat digunakan untuk penyusunan spending analysis, analisa standard biaya, laporan pelaksanaan pengadaan langsung, serta laporan manajerial lainnya sesuai kebutuhan dan ketentuan yang berlaku.

Kegiatan ini diikuti oleh jajaran Pimpinan UNY yang terkait dengan kegiatan pengadaan, PPK dan para pejabat pengelola pengadaan, perwakilan rekanan penyedia barang dan jasa serta tim peningkatan layanan pengadaan barang/jasa UNY. Sosialisasi yang dipandu oleh Mudaqir, selaku Ketua Tim menyampaikan tujuan diselenggarakan sosialisasi ini adalah untuk mensosialisasikan pengembangan sistem pengadaan barang dan jasa. Selain itu kegiatan ini juga sekaligus untuk menyegarkan kembali komitmen bersama dari seluruh pimpinan dan pelaku pengadaan untuk membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) dalam layanan bidang pengadaan barang/jasa di lingkungan UNY sesuai dengan Permenpan dan RB Nomor 10 Tahun 2019.
Ketua Tim Mudaqir dengan moderator Koordinator Umum dan BMN UNY menyampaikan bahwa pengembangan sistem teknologi informasi dilakukan melalui pembuatan fitur aplikasi pembelian langsung SIMPeL UNY. Dijelaskan dalam sosialisasi ini aktifitas yang dilakukan oleh PPK, pejabat pengadaan dan penyedia barang dan jasa dalam fitur aplikasi SIMPeL UNY. Diharapkan implementasi fitur aplikasi ini dapat memperlancar proses pengadaan sehingga dapat meningkatkan kinerja layanan menjadi lebih cepat dan akuntabel serta mendukung program digitalisasi arsip pengadaan. Workshop diakhiri dengan sesi tanya jawab antara narasumber dan peserta terkait materi sosialisasi serta masukan saran untuk penyempurnaan fitur aplikasi pembelian langsung SIMPeL UNY. (Mudaqir)