Sosialisasi Pertamuda ke UNY: Ajak Mahasiswa Berinovasi dengan Ide Bisnis

Bidang Kemahasiswaan UNY pada Rabu (4/9/2024) bertempat di Ruang Sidang Utama Senat UNY menerima kunjungan dari PT Pertamina yang berjumlah 3 orang, yaitu Ibu Amelia, Ibu Dorothea, dan Bapak Prasetyo. Maksud kunjungan dari Pertamina kali ini adalah guna menyosialisasikan program Pertamuda 2024: Kompetisi Ide Bisnis mahasiswa terbesar untuk startup rintisan.

Hadir menyambut kunjungan dari Pertamina, Kasubdit Kemahasiswaan dan Prestasi UNY, Rohmad Harjanto, Perwakilan dosen berjumlah 4 orang serta perwakilan mahasiswa dari tiap-tiap fakultas. Total Mahasiswa yang hadir berjumlah 47 orang. 

Dalam paparannya, Dorothea menjelaskan bahwa Pertamuda adalah kompetisi ide bisnis yang diadakan oleh PT Pertamina (Persero) untuk mahasiswa Indonesia.

“Pertamuda juga mendorong perusahaan rintisan di Indonesia untuk meningkatkan dan memberikan peluang bagi startup untuk bertemu dengan akses permodalan,”ujarnya. 

Ia menambahkan bahwa Pertamuda adalah salah satu wujud komitmen dari Pertamina untuk mendukung perkembangan startup di kalangan generasi muda Indonesia dan bentuk dukungan industri pada kampus. 

“Pertamina melaui Pertamuda juga sebagai bentuk dukungan program kementrian BUMN untuk menumbuhkan entrepreneur muda dan pnguatan sinergi dengan kampus,” ujarnya lagi. 
Pertamuda juga menyelenggarakan kompetisi bagi para mahasiswa jenjang D1- S1 Perguruan Tinggi dan Swasta yang dibagi menjadi dua kategori yaitu Energy Founder dan Early stage startup.

Untuk Energy Founder, Pertamuda mengkurasi kandidat founders yang mempunyai ide yang berfokus pada problem solving pada sektor energi. Top 3 Energy Founders yang terpilih akan mendapatkan dana pembinaan masing- masing sebesar Rp350.000.000,00., untuk mewujudkan ide bisnisnya dalam bentuk validasi di atas kertas (Problem Market on Paper)

Kategori lainya yaitu Early Stage Startup yaitu peserta yang sudah mempunyai ide bisnis yang berfokus pada nilai-nilai SDGS dan nantinya mendapatkan dana pembinaan sebesar Rp100.000.000,00., untuk mempersiapkan bisnisnya masuk tahap scale up stage dan akan mendapatkan pendampingan senilai Rp25.000.000,00., untuk masing- masing kampus atau inkubator Top 3 Early Stage Startup.

Acara kali ini ditutup dengan sesi tanya jawab dan dialog dengan dimoderatori langsung oleh Kasubdit Kemahasiswaan dan Prestasi UNY, Rohmad Harjanto, Mahasiswa yang hadir tampak antusias mengikuti acara hingga usai.

Penulis
Khairani Faizah
Editor
Arwan Nur Ramadhan
Kategori Humas
IKU