SOSIALISASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR SELEKSI MANDIRI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI GUNUNGKIDUL

1
min read
A- A+
read

Calon mahasiswa baru UNY yang lolos seleksi mandiri prestasi Diploma gelombang I tahun 2020  telah diumumkan pada tanggal 10 Juni 2020. Berdasarkan data yang ada dari jumlah yang diterima pada prodi di kampus Gunungkidul yaitu 142 calon mahasiswa, calon mahasiswa yang berasal dari Gunungkidul baru sejumlah 43 calon mahasiswa. Rektor UNY, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa mengatakan “target kita, untuk kampus Gunungkidul, 50%nya adalah mahasiswa dari Gunungkidul. Untuk gelombang I saja belum memenuhi kuota. Sehingga perlu dilakukan sosialisasi, khususnya calon mahasiswa dari Gunungkidul.” Maka, pada Rabu (17/6) bertempat di Ruang Handayani, Gedung Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul dilaksanakan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru UNY jalur Seleksi Mandiri Tahun 2020.

Hadir pada sosialisasi tersebut Rektor, Wakil Rektor Bidang Akademik, Kepala Dikpora dan Kepala Dikdasmen Dikpora Kabupaten Gunungkidul, Kepala Admisi PMB UNY beserta tim, dan Pengelola Kampus Gunungkidul. Sedangkan peserta undangan terdiri dari para guru BK SMA/SMK/MA dan pengurus PGRI  Kabupaten Gunugkidul.

Dalam sambutannya, Rektor UNY, Prof. Dr. Sutrisno Wibawa menyampaikan “masih banyak yang belum mengetahui tentang KIP-Kuliah. Saya sering mengatakan bahwa orang itu yang penting pintar, untuk masalah biaya nanti bisa memanfaatkan KIP-Kuliah”. Harapannya dengan informasi itu, adik-adik dari Gunungkidul banyak yang mendaftar untuk kuliah di kampus Gunungkidul. Lebih lanjut Sutrisna menyampaikan bahwa target pada sosialisasi ini para guru mengetahui betul tentang sistem penerimaan mahasiswa baru baik jalur SBMPTN maupun Seleksi Mandiri, dan juga KIP-Kuliah, sehingga informasi dapat tersampaikan pada anak didiknya di sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul Bahron Rasyid, S.Pd., MM menyampaikan berdasar visi RPJMD Kabupaten Gunungkidul Tahun 2016-2021 , yaitu  "Mewujudkan Gunungkidul sebagai daerah tujuan wisata yang terkemuka dan berbudaya menuju masyarakat yang berdaya saing, maju, mandiri, dan sejahtera tahun 2021”, maka perlu ditunjang dengan pendidikan yang lebih baik. Kampus UNY di Gunungkidul yang didirikan di Semanu itu bermula dari niat agar anak-anak Gunungkidul bisa kuliah, sehingga pembangunan SDM nantinya akan lebih meningkat dalam rangka mencapai visi tersebut. Menanggapi tentang rencana pembukaan perkuliahan di Gunungkidul, Bahron mengatakan “bila kampus UNY di Semanu belum siap, silakan menggunakan gedung PGRI , tidak bayar, terdapat 5 kelas yang dapat digunakan” pungkasnya dalam sambutannya.

Pada bagian paparan sosialisasi, Wakil Rektor Bidang Akademik UNY Prof. Dr. Margana, M.A., M.Hum., menyampaikan tentang jalur dan pola masuk Penerimaan Mahasiswa Baru tahun 2020, prodi yang diselenggarakan, akreditasi dan keunggulan UNY, serta menjelaskan pengelolaan pada program Diploma yang lebih dikenal dengan istilah MEME (multy entry and multy exit). Dilanjutkan paparan oleh Ketua Admisi UNY, Dr.  Setyo Raharja tentang mekanisme pendaftaran mahasiswa baru, dan ditutup oleh penjelasan tentang Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) oleh staf Admisi PMB UNY 2020. (Sud).