Seminar Program Wirausaha Merdeka “Build Your Own Business”

1
min read
A- A+
read

Dalam rangka memberikan pengetahuan, keterampilan, dan wawasan kepada peserta mengenai proses membangun dan mengelola bisnis mereka. Hari Sabtu (16/9) di Ruang Sidang Utama Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi dan Usaha menggagas diselenggarakan seminar Program Wirausaha Merdeka. Seminar ini dirancang untuk membantu peserta Program Wirausaha Merdeka untuk memulai dan mengembangkan bisnis.

Ketua Panitia, Dr. Cerika Rismayanthi, S.Or., M.Or. menyampaikan bahwa Wirausaha Merdeka adalah bagian dari program Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri menjadi calon wirausahawan melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Saat ini merupakan minggu terakhir mahasiswa menjalankan tahap Pre-Immersion yang kemudian akan memasuki tahap Immersion: 

Selanjutnya Dr. Cerika mengatakan bahwa tahapan Immersion, mahasiswa akan belajar langsung dengan praktisi, perguruan tinggi pelaksana program UNY melakukan kerjasama dengan UMKM dan/atau industri untuk mendapatkan pengalaman secara nyata (onboarding).

Membangun bisnis adalah langkah besar yang membutuhkan perencanaan, keterampilan, dedikasi, dan ketekunan. Pada seminar kali ini pemateri akan membawakan tema "Build Your Own Business", yang mana mahasiswa akan dibekali oleh narasumber; bagaimana membangun sebuah bisnis sebelum mereka belajar banyak denagan praktisi di tahap immersion.

Program Wirausaha Merdeka berkolaborasi dengan Perguruan Tinggi Pelaksana Program mengembangkan pembelajaran wirausaha yang mampu mengasah jiwa kewirausahaan, mendorong peningkatan pengalaman wirausaha dan peningkatan kemampuan daya kerja mahasiswa.

Pada kesempatan ini, tema yang diusung yaitu Build Your Own Business, dengan mendatangkan narasumber yang sangat berkompetensi, Edy Fajar Prasetya (Owner PT. SBS, Green Social Entrepeneur), dan Bio Hadikesema (Management Training & Konsulting), dengan narasumber Laila Nurul Himmah, M.Pd. dosen Tata Boga, Busana dan Rias Kecantikan.

Edy Fajar Prasetya menekankan kalimat yang penuh makna “Kalau bisa sukses usia muda, kenapa harus nunggu wisuda?”.  Tahapan menjadi wirausahawan yang sukses meliputi lima tahap, yaitu bagaimana menemukan ide, kemudian melakukan studi kelayakan, merencanakan bisnis, dan modelling bisnis, serta perencanaan strategis.

Sedangkan narasumber ke-dua, Bio Hadikesema, sejalan dengan yang dikatakan Edy Fajar, bahwa kalau ingin memulai bisnis yang harus dilakukan mempertemukan orang-orang bermasalah dan memberikan solusi, dengan cara jadi produsen, jual diri atau skills, buka toko atau beli produk orang lain lalu jual lagi, dan modal jasa.

Bio juga menyampaikan bahwa masalah dalam bisnis adalah pembelajaran diri, makanya harus merubah dirinya. Disambung dengan ungkapan kaya adalah takdiri manusia, berbisnis adalah salah satu menjadi kaya.

Penulis: Sudaryono
Editor: Prasetyo


 

MBKM
IKU