Sekolah Pascasarjana UNY Raih Akreditasi untuk Program Jarak Jauh, Siap Buka Program Studi Baru

Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mencatatkan sejarah penting dengan berhasil memenuhi syarat minimum akreditasi untuk pembukaan program studi baru program jarak jauh (PJJ). UNY kini menjadi perguruan tinggi negeri berbadan hukum pertama di Indonesia yang mendapat akreditasi untuk menawarkan program studi PJJ pada jenjang magister dan doktoral, berdasarkan Surat Keputusan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kependidikan (LAMDIK).

Adapun program studi yang terakreditasi tersebut meliputi Program Studi Magister PJJ Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (SK Nomor 1/SK/LAMDIK/Ak-PSM/M/I/2025), Program Studi Doktoral PJJ Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (SK Nomor 2/SK/LAMDIK/Ak-PSM/M/I/2025), Program Studi Doktoral PJJ Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (SK Nomor 3/SK/LAMDIK/Ak-PSM/M/I/2025), Program Studi Magister PJJ Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (SK Nomor 4/SK/LAMDIK/Ak-PSM/M/I/2025), dan Program Studi Doktoral PJJ Ilmu Pendidikan (SK Nomor 5/SK/LAMDIK/Ak-PSM/M/I/2025).

Keberhasilan ini menandai langkah besar bagi Sekolah Pascasarjana UNY dalam menghadirkan pendidikan tinggi yang lebih fleksibel dan dapat diakses oleh masyarakat luas, khususnya bagi mereka yang membutuhkan opsi pendidikan yang dapat diikuti secara jarak jauh. Program ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan para profesional yang ingin melanjutkan studi tanpa harus meninggalkan pekerjaan atau lokasi mereka.

Dengan adanya akreditasi ini, UNY kini siap membuka program studi baru pada penerimaan mahasiswa baru untuk semester genap tahun ajaran 2024/2025. Pendaftaran untuk program studi Magister dan Doktoral PJJ ini akan dibuka mulai tanggal 13 Januari sampai dengan 13 Februari 2025.

Pembukaan program studi PJJ ini diharapkan dapat semakin memperkuat komitmen UNY dalam menyediakan akses pendidikan tinggi yang berkualitas, terjangkau, dan sesuai dengan perkembangan zaman. Dengan adanya fleksibilitas dalam model pembelajaran, mahasiswa dari berbagai daerah dan latar belakang dapat memperoleh kesempatan yang sama untuk mengembangkan ilmu pengetahuan.

 

Penulis
Lalita Sari
Editor
Prasetyo Noviriyanto
Kategori Humas
IKU